Home > METRO BERITA > KOLOM METRO > Sekilas Sejarah Gedung Bank Mandiri Kota Lama

Sekilas Sejarah Gedung Bank Mandiri Kota Lama

"Westerwalstraat, Semarang, met het kantoor van de Nederlandse Handel Maatschappij 1906-1930" (sumber foto:  KITLV
“Westerwalstraat, Semarang, met het kantoor van de Nederlandse Handel Maatschappij 1906-1930” (sumber foto: KITLV

 

Tahukah kamu, Gedung Bank Mandiri Kota Lama dahulu merupakan kantor dari Nederlands Handel Maatschappij (NHM), salah satu korporasi terbesar masa kolonial Hindia Belanda? Gedung ini dimulai pembangunannya pada 2 Agustus 1908, pencanangan batu pertama dilakukan oleh Gerda van Sraaten. Seperti yg tertulis di sebuah inskripsi yg terdapat di bagian dalam gedung.

Sekilas tentang NHM, perusahaan ini didirikan pada 1824. Perusahaan ini merupakan bentuk baru dari VOC, yg telah dibubarkan pada 1799. NHM merupakan pada kumpulan pedagang-pedagang pada masa kolonial, mungkin serupa dengan kamar dagang jika kita lihat pada masa kini. NHM didominasi oleh para pedagang produk-produk agrikultur.

Seiring berkembanganya waktu, perusahaan-perusahaan serupa bermunculan, tapi tetap NHM merupakan yg terkuat. NHM pada abad ke 20 tak lagi hanya mengurusi urusan perdagangan agrikultur, namun juga perbankan dan saham. NHM menjadi top big five company di masa kolonial, bersama Borsumij, Geo Wehry, Lindeteves, dan Jacobson van den Berg. Kantor-kantor NHM pun selalu megah dan terdapat di pusat kota dan di wilayah jalan protokol.

Kejayaan NHM berakhir mana kala Bung Karno menasionalisasinya pada 1960. NHM berubah menjadi Bank Expor-Impor (Exim). Lalu pasca merger berbagai bank padatahun  1999, asset-asset NHM kini menjadi asset milik Bank Mandiri, termasuk yang di Semarang. NHM sendiri di Belanda sana juga sudah berubah namanya menjadi ABN AMRO Bank. (mam)

 

“Artikel ini ditulis ulang dari laman Facebook Komunitas Lopen Semarang, salah satu komunitas pecinta sejarah di kota Semarang. Sapa juga mereka lewat akun Twitter @lopenSMG.”

 

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link