Home > METRO BERITA > Sekolahnya Terendam Rob, Septian Terpaksa ‘Nyeker’ di Dalam Kelas

Sekolahnya Terendam Rob, Septian Terpaksa ‘Nyeker’ di Dalam Kelas

METROSEMARANG.COM – Siswa SD Negeri Trimulyo 01 disambut rob setinggi 50 sentimeter begitu kembali ke sekolah usai libur semester. Meski air tidak masuk sampai ke dalam kelas, namun halaman depan dan belakang sekolah turut tergenang rob setinggi 15 sentimeter.

Genangan rob di SD Negeri Trimulyo 01. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

”Ini sudah seminggu tidak surut. Karena sering terendam, otomatis ada lumutnya, banyak siswa juga orang tua siswa jatuh terpeleset,” ujarnya Yuliana, Guru SDN Trimulyo 01, Kamis (5/1).

Akibatnya, banyak siswa yang mulai terserang penyakit kulit. Saat ini, jumlah siswa SDN Trimulyo 01 sebanyak 200 siswa dengan tenaga pengajar 13 orang. Peninggian bangunan sekolah meski mampu menghalau rob masuk kelas namun terasa sisa-sia lantaran akses jalan masih terendam.

Yuliana khawatir jika tidak cepat diatasi, SD tersebut akan mengalami penurunan jumlah siswa. ”Orang tua siswa kan juga nggak mau anaknya basah-basahan terus setiap hari. Takutnya saat tahun ajaran baru nanti tidak diminati siswa karena setiap hari rob,” ujarnya.

Septian Elang Presetya, siswa kelas 2 SDN Trimulyo 01 mengaku tidak bisa berkonsentrasi belajar lantaran rob mengepung sekolahnya. Ia terpaksa nyeker (melepas alas kaki) saat belajar lantaran halaman sekolah tergenang air.

Pelajaran olahraga yang disukainya pun terpaksa harus dilakukan di dalam kelas. ”Tidak bisa main, jajan atau lari-lari, hanya diam di dalam kelas agar tidak basah,” ucapnya polos. (vit)