Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Selamat! Repository Undip Peringkat Tiga Asia

Selamat! Repository Undip Peringkat Tiga Asia

undipp

SEMARANG – Repository milik Universitas Diponegoro berhasil nangkring di urutan ketiga se-Asia dalam pemeringkatan yang dilakukan Webometrics. Dalam pemeringkatan periode Juli 2014 tersebut, respository Undip menempati peringkat teratas di antara perguruan tinggi se Indonesia dan peringkat ke 71 di seluruh dunia.

Repository adalah konsep untuk mengumpulkan, mengelola, menyebarkan dan mengelola seluruh karya – karya ilmiah yang di hasilkan oleh civitas perguruan tinggi. Dari karya – karya tersebut akan difungsikan dan dikelola dalam bentuk digital serta dapat menjadi pendukung dalam proses pemenuhan informasi baik institusi atau masyarakat umum. Singkatnya, repository merupakan perpustakaan digital. Dan seluruh karya ilmiah civitas akademika Undip sudah dipublikasikan dalam Institutional Repository (http://eprints.undip.ac.id )

Secara garis besar, ada dua faktor yang menjadi indikator utama dari penilaian Webometrics for Institutional Repository ini, yaitu Impact dan Activity. Impact meliputi komponen Visibility backlink dan visibility Referred domains dengan bobot 50 persen. Kemudian Activity meliputi komponen size di Google dan Rich Files di Google dengan masing-masing 10 persen, serta Scholar di Google Scholar 30 persen.

Tepat di belakang Undip, pada urutan kedua bertengger repositori milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Masih dari kota yang sama, di urutan tiga terdapat digital library dari UIN Sunan Kalijaga. Di Asia, UNY dan UIN Sunan Kalijaga berada di peringkat 14 dan 17. (*)

10 Besar Repositori Kampus Terbaik se-Asia

respitory