Home > METRO BERITA > Selamat! Siswa SD Hj Isriati I Sabet Medali Perunggu Olimpiade Matematika

Selamat! Siswa SD Hj Isriati I Sabet Medali Perunggu Olimpiade Matematika

Firman Jiddan Foto Metrosemarang
Firman Jiddan
Foto Metrosemarang

SEMARANG – Satu lagi pelajar Semarang yang berprestasi di level internasional. Firman Jiddan, siswa kelas VI SD Hj Isriati Baiturrahman I Semarang sukses merebut medali perunggu di ajang International Mathematics and Science Olympiade (IMSO) yang digelar di Bali, 5-11 Oktober 2014.

Wakil Kepala SD Hj Isriati, Amir Yusuf memaparkan, IMSO merupakan kompetisi internasional tahunan untuk pelajar sekolah dasar. “Firman masuk menjadi salah satu anggota tim yang mewakili Indonesia melawan tim dari 14 negara di kompetisi tersebut. Ini menjadi prestasi membanggakan bagi kami karena berhasil membawa pulang medali,” katanya.

Tahun ini, Indonesia yang menjadi tuan rumah IMSO berhasil mengumpulkan 27 medali. Sebanyak 15 medali disumbangkan tim matematika, dengan rincian tiga emas, dua perak dan 10 perunggu. Sedangkan tim sains mempersembahkan dua emas, dua perak dan delapan perunggu.

Amir menambahkan, perjalanan Jiddan untuk menjadi wakil Indonesia di ajang IMSO cukup berliku. Bocah berusia 11 tahun itu harus mengikuti seleksi dari tingkat kecamatan hingga provinsi. Dia juga diwajibkan menjalani karantina selama enam periode di Jakarta.

“Sebelum berlaga di IMSO, Jiddan sempat mengikuti International Mathematic Competition (IMC) di Singapura dan berhasil membawa pulang medali perunggu,” katanya. (MS-06)