Home > METRO BERITA > PERISTIWA > Selasa Depan, 20.000 Buruh Akan Gerudug Gubernuran

Selasa Depan, 20.000 Buruh Akan Gerudug Gubernuran

Aksi demonnstrasi dari Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) di Jl. Pahlawan, Semarang (03/12). Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono
Aksi demonnstrasi dari Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) di Jl. Pahlawan, Semarang (03/12). Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Puluhan buruh dari berbagai aliansi mendatangi kantor Gubernuran Jawa Tengah, Jalan Pahlawan, Semarang, Rabu (3/12), sekitar pukul 10.30 WIB. Mereka dari Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang), Gerakan Buruh Demak, Aliansi buruh dari Kendal dan buruh dari Ungaran.

Ini merupakan aksi lanjutan beberapa waktu lalu, di mana buruh menyegel pintu tol Gayamsari dan beberapa titik di Pantura. “Tuntutan kami masih sama, yaitu revisi UMK 2015,” ujar ketua Kesatuan Serikat Pekerja Nasional, Heru Budi Utoyo.

Kenaikan UMK yang sekarang, yakni 2% dinilai belum sesuai dengan dampak naiknya harga BBM bersubsidi, lantaran ketetapan tersebut diambil sebelum pengumumn kenaikan BBM.

Heru mengatakan, aksi ini akan berlanjut selama tiga hari berturut-turut. Selain itu mereka merencanakan akan membawa massa yang lebih besar Selasa (9/12) besok. “Kami sudah izin kepada petugas untuk membawa 20.000 buruh ke Gubernuran,” pungkasnya. (ade)