Home > METRO BERITA > Selasa, PKL Harus Angkat Kaki dari Jalan Kartini

Selasa, PKL Harus Angkat Kaki dari Jalan Kartini

image
Pasar Burung Karimata akan menjadi penampungan bagi PKL di Jalan Kartini. Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG – Senin (29/9) ini adalah batas waktu terakhir bagi semua pedagang kaki lima (PKL) menempati median Jalan Kartini. Besoknya semua pedagang tersebut harus sudah pindah ke tempat relokasi yang telah disediakan. Dinas Pasar Kota Semarang memastikan tidak ada toleransi bagi semua pedagang.
 
Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Trijoto Sardjoko mengatakan, untuk memastikan besok pedagang sudah berkemas, pihaknya akan menggandeng Satpol PP dan penegak hukum lain untuk melakukan pengawasan di lapangan. Mau tidak mau besok pulau Jalan Kartini tersebut harus sudah bersih.
 
‘’Langkah kita akan didukung oleh Dinas PSDA-ESDM dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Sebab, kawasan tersebut bakal dijadikan RTH (ruang terbuka hijau),’’ katanya Minggu (28/9/2014).
 
Pihaknya sudah memberikan surat peringatan kepada para pedagang batas waktu untuk pindah. Bahkan sudah memberikannya yang kali ketiga. Tercatat ada sekitar 200 pedagang yang menempati median jalan tersebut.
 
Dia mengakui dari jumlah pedagang tersebut, ada sebagian yang masih menolak dan meminta jadwal pindah dimundurkan. Yaitu pedagang burung dan pakan burung. Namun pihaknya memastikan tidak memberi toleransi kepada semua pedagang untuk tetap menempati median jalan tersebut.
 
‘’Selain kelompok pedagang burung dan pakan burung, sudah siap pindah, bahkan rencananya bersama-sama secara sukarela pindah ke Pasar Dargo, mungkin sebelum 30 September mereka sudah pindah,’’ katanya.
 
Untuk pedagang burung dan pakan burung akan direlokasi ke Pasar Karimata, sedangkan pedagang di luar itu dipindah di Pasar Dargo.Pihaknya telah menyiapkan 45 lapak di lantai dua Pasar Karimata untuk menampung pedagang burung. Tercatat ada sekitar 60 pedagang burung dan pakan burung. (MS-13)