Home > METRO BERITA > Semangat Nasionalisme Petugas Pom Bensin saat Peringati Hari Pahlawan

Semangat Nasionalisme Petugas Pom Bensin saat Peringati Hari Pahlawan

METROSEMARANG.COM – Untuk merayakan Hari Pahlawan pada Kamis (10/11), sejumlah pegawai SPBU Coco di Jalan Ahmad Yani Semarang melayani pelanggannya dengan memakai baju prajurit perang.

Petugas SPBU memeringati Hari Pahlawan dengan cara unik. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Petugas SPBU memeringati Hari Pahlawan dengan cara unik. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Dinda, seorang petugas pompa bensin di SPBU Coco Jalan Ahmad Yani mengaku sangat antusias ikut merayakan Hari Pahlawan. Ini adalah kesempatannya pertama kali untuk tampil mengenakan pakaian prajurit perang.

“Saya senang ikut berpartisipasi merayakan Hari Pahlawan saat bekerja di pom bensin. Apalagi, ini pengalaman saya yang pertama kali karena pada peringatan tahun lalu saya harus bekerja pada malam hari,” akunya kepada Metrosemarang.com.

Baginya, saat merayakan Hari Pahlawan ia sekaligus ingin menunjukan semangat nasionalisme kepada perusahaannya.

Selain Dinda, ternyata masih ada tujuh petugas pompa bensin yang ikut menyemarakkan Hari Pahlawan. Tiap petugas memakai baju cokelat muda dan hijau tua khas prajurit perang. Ada pula petugas yang memakai baju TNI Angkatan Laut sembari melayani pengisian bahan bakar.

Selain menampilkan petugas pom bensin memakai balutan pakaian pejuang, pengelola SPBU juga membagikan puluhan marchandise bagi para pemotor yang membeli pertamax, pertamax turbo dan pertalite seharga Rp 15 ribu.

“Minimal beli Rp 15 ribu bagi promotor dan mobil beli pertama turbo Rp 20 ribu dengan menunjukan struk pembelian akan dapat marchandise mulai kanebo, pelumas, gantungan kunci serta beberapa lembar kaos. Dan hadiah itu hanya berlaku hari ini saja,” sahut Sigit Waluyo, Kepala Sift SPBU Coco.

Sigit mengungkapkan pemberian hadiah itu sebagai wujud terimakasih bagi pengguna kendaraan pribadi yang setia membeli bahan bakar minyak di tempat kerjanya.

“Sebagai wujud menyemarakkan Hari Pahlawan, kita memaknainya dengan bekerja secara loyal terhadap perusahaan dan berkomitmen bekerja sebaik mungkin,” ungkap Sigit lagi.

Sedangkan untuk menguji rasa nasionalisme warga Semarang, Purnomo Pengawas SPBU Coco pun meminta kepada tiap orang yang membeli bahan bakar di pompa bermainnya agar menjawab satu persatu pertanyaan seputar sejarah bangsa Indonesia.

“Mulai dari tanggal berapa peringatan Hari Pahlawan, siapa pahlawan yang dikenal selama ini sampai singkatan-singkatan soal Hari Pahlawan kita tanyakan semua kepada pembeli di SPBU. Jika jawabannya benar maka memperoleh hadiah menarik,” jelasnya. (far)