Home > METRO BERITA > Semangati Anak Pesisir, Bunyamin : Jadilah Pengusaha Kapal Pesiar

Semangati Anak Pesisir, Bunyamin : Jadilah Pengusaha Kapal Pesiar

METROSEMARANG.COM – Komunitas pesisir Asa Edu Project menggelar acara perkuliahan kelas sehari bagi anak pesisir pantai di Kampung Tambaklorok RT 2 RW 5 Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara. Kegiatan ini langsung diisi Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, yang kembali turun mengajar demi anak-anak pesisir tersebut, Sabtu (4/2).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin ketika mengajar anak-anak Kampung Tambaklorok, Sabtu (4/2). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Sedianya perkuliahan kelas sehari ini bersama Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang akan mengajar. Namun mendadak berhalangan karena ada keperluan mendesak. Meski gagal wali kota yang mengajar, anak-anak tetap antusias mengikuti acara.

Dalam materi pelajarannya, Bunyamin memberikan motivasi agar anak-anak tetap semangat dan tidak jemu belajar. Meskipun sebagai anak pesisir harus terus berkembang dan tidak mudah menyerah mengejar cita-cita.

‘’Anak-anak atau siapapun tidak boleh jemu belajar. Harus semangat, misalnya bercita-cita menjadi pengusaha kapal pesiar. Kejar cita-cita itu sampai dapat dengan tekun belajar,’’ ujarnya.

Ia meminta maaf karena orang nomer satu di Kota Semarang tidak jadi hadir untuk mengajar. Ia juga memberi dukungan  program seperti ini terus dilakukan.  Sebab bisa untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak di pesisir supaya berkembang.

‘’Jangan mudah menyerah, anak – anak pesisir tidak jauh beda dengan anak – anak kota. Makanya harus dibimbing dan didampingi,’’ tegasnya.

Ketua Asa Edu Project Hendra mengatakan, komunitasnya ini baru didirikan 3 tahun lalu oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Undip Semarang. Ia mengatakan, antusiasme anak-anak Kampung Tambaklorok ini sangat luar biasa untuk belajar.

‘’Mulai dari anak TK, SD, SMP juga ikut belajar. Selain kegiatan ini, rutin seminggu sekali di hari minggu pagi kita juga lakukan belajar bersama,’’ katanya. (MG04/duh)