Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Semarang bakal Punya Stadion Internasional

Semarang bakal Punya Stadion Internasional

Suporter PSIS bakal semakin dimanjakan karena tribun Stadion Jatidiri bakal diperluas dan diberi atap. Foto Metro/MS-01
Suporter PSIS bakal semakin dimanjakan karena tribun Stadion Jatidiri bakal diperluas dan diberi atap. Foto Metro/MS-01

SEMARANG – Kota Semarang bakal segera memiliki stadion sepakbola berstandar internasional. Stadion ini memang bukan benar-benar baru, karena merupakan pengembangan Stadion Jatidiri. Stadion usang yang berada di Karangrejo itu nantinya bakal disulap hingga mampu menampung 55.000 penonton!

Rencana pengembangan Stadion Jatidiri tersebut sudah mendapat restu dari Kemenpora dan diharapkan bisa terealisasi pada 2016 mendatang. “Kami juga sudah menyampaikan gagasan ini kepada Pak Gubernur, dan beliau sangat men-support. Ke depan, stadion ini juga bisa menjadi salah satu ikon di Jawa Tengah,” kata Ketua Komisi E DPRD Jateng, AS Sukawijaya, Rabu (13/8/2014).

Politisi Demokrat yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu menambahkan, proyek ‘New Jatidiri’ bakal didanai  APBN yang dibagi menjadi tiga tahap, yakni perencanaan, pengembangan tribun, dan fasilitas pendukung lainnya. Diperkirakan, proyek ini bakal menghabiskan dana Rp 48 miliar. Anggaran terbesar akan tersedot untuk pengembangan tribun penonton, dengan total biaya mencapai Rp 35 miliar. “Pemerintah provinsi akan mengupayakan dana untuk perencanaan sekitar Rp 1,8 miliar dan akan diajukan pada APBD Perubahan 2015,” imbuhnya.

Yoyok memastikan, proyek ‘New Jatidiri’ tidak akan mengganggu pertandingan sepakbola yang digelar di stadion tersebut. Sebab, kata dia, perombakan dilakukan di luar stadion berkapasitas 25.000 kursi itu. Setelah bagian luar stadion tertutup, selanjutnya tembok lama akan dirobohkan. “Pengembangan ke arah luar, jadi tidak akan mengganggu aktivitas di dalam stadion,” urainya.

Nantinya, Stadion Jatidiri yang sudah dianggap ketinggalan zaman akan disulap menjadi stadion sepakbola modern. Kapasitasnya pun bertambah dua kali lipat menjadi 55.000 kursi. Dipastikan tak ada lagi penonton yang memanjat tiang lampu, karena lampu stadion bakal terpasang mengeliling atap, layaknya Stadion Gelora Bung Karno. Selain itu, di kompleks stadion juga akan dibangun perkantoran dan pertokoan.

“Dengan pengembangan itu, ke depan tentunya akan semakin banyak event bertaraf nasional maupun internasional yang bisa digelar di Jatidiri. Sehingga sekaligus bisa mempromosikan Jawa Tengah maupun Semarang,” beber pria yang juga menjadi Direktur PT Mahesa Jenar Semarang ini.

Jika pengembangan Jatidiri rampung, tentunya Semarang bakal punya stadion berkelas dengan kapasitas lebih besar, bahkan dibanding kandang Liverpool, Stadion Anfield yang saat ini hanya berkapasitas 45.000 tempat duduk. (*)