Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Komunitas > Semarang akan jadi Tuan Rumah Event Kartun Internasional

Semarang akan jadi Tuan Rumah Event Kartun Internasional

METROSEMARANG.COM – Kota Semarang  akan menjadi tuan rumah ‘SECAC International Cartoon Exhibition (SICE) 2016’ pada 22-24 Oktober mendatang. Ratusan karya kartunis dari 60 negara akan membanjir tiga tempat ikonik Semarang yakni Wisma Perdamaian, Simpang Lima, dan Lawang Sewu.

Beberapa karya kartun dipamerkan di Jalan Pahlawan, Minggu (25/9) silam. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Beberapa karya kartun dipamerkan di Jalan Pahlawan, Minggu (25/9) silam. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Ketua Semarang Cartoon Club (SECAC) sekaligus Ketua Panitia SICE 2016, Slamet Widodo menyampaikan akan ada sekitar 240 kartunis dunia memamerkan hasil karya. Pameran ini diharapkan bisa menghidupkan kembali gairah kartun di Kota Semarang.

“Semarang selama ini mendapat julukan ibukota kartun Indonesia. SECAC yang notabene organisasi kartun terbesar di Indonesia, beberapa kali menggelar lomba dan pameran kartun di Semarang seperti pameran kartun terpanjang di dunia pada 1991, Trilogi Semarang dalam Kartun Tanggal (1991), Ketawa Total (1993), Primitif 2000 (1994) dan Secac Reborn (2011),” katanya Selasa (27/9).

Pameran kartun tingkat internasional ini akan dibuka di Wisma Perdamaian telah mendapat respons positip dari para kartunis dalam negeri dan luar negeri. Hingga hari ini karya yang masuk ke panitia mencapai 400-an.

Prediksinya jumlah tersebut akan terus bertambah lantaran panitia SICE 2016 masih menerima kiriman karya dari para kartunis hingga 16 Oktober 2016 mendatang. Pengiriman karya bisa melalui email secacexhibition@gmail.com. (ade)