Home > METRO BERITA > Semarang Kini Punya Rumah Singgah Khusus Penderita Kanker

Semarang Kini Punya Rumah Singgah Khusus Penderita Kanker

METROSEMARANG.COM – Rumah Singgah Alfamart untuk anak penderita kanker resmi dibuka oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada Senin (26/9) siang. Rumah singgah yang terletak di Jalan Kedungjati 6 (belakang RSUP Dr Kariadi) ini merupakan pertama yang ada di Jawa Tengah yang dikhususkan untuk anak penderita kanker.

Peresmian Rumah Singgah Alfamart di Jalan Kedungjati 6 Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Peresmian Rumah Singgah Alfamart di Jalan Kedungjati 6 Kota Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Daya tampungnya pun cukup banyak, yakni disediakan 11 ranjang. Namun pengelola akan memberikan tambahan ranjang jika dibutuhkan lebih banyak penghuni.

“Seharusnya memang begini. Pembangunan tidak akan berjalan jika hanya dibebankan pada pemerintah Kota saja. Dengan rumah singgah yang dibangun oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia¬†(YKAKI) dan Alfamart ini kami harapkan bisa meringankan beban masyarakat di tengah himpitan yang sulit,” kata dia usai meresmikan.

Menurut pendiri YKAKI, Ira Soelistyo di Rumah Singgah Alfamart, penghuni tidak dibebankan biaya jika tidak mampu. “Kami buka harga Rp 5.000 per hari dan sudah termasuk makan. Tetapi akan kami gratiskan untuk keluarga yang tidak mampu,” ungkapnya.

Ira menambahkan, jarak usia anak yang diperbolehkan tinggal di Rumah Singah ini adalah antara 0 hingga 18 tahun. Dia berharap gagasan pembangunan Rumah Singgah ini dapat bermanfaat bagi sesama. (ade)