Home > Berita Pilihan > Semarang Masuk Zona Hijau Bebas Pungli

Semarang Masuk Zona Hijau Bebas Pungli

METROSEMARANG.COM – Kota Semarang masuk dalam zona hijau bebas pungutan liar (pungli). Hal tersebut disampaikan Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai usai mengisi sambutan kepada peserta diskusi yang digelar di Hotel Kesambi Hijau Semarang, Kamis (22/12).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Tidak banyak provinsi, kabupaten dan kota yang mendapat zona hijau, dan ternyata baik Jawa Tengah maupun Kota Semarang itu masuk ke dalam zona hijau” kata Anzulian Rifai.

Dalam pemantauannya Ombudsman melakukanya dengan cara diam-diam. Tanpa ada pemberitahuan kepada pihak terkait ketika hendak melakukan penyelidikan.

“Biasanya Ombudsman itu bekerjanya diem-diem. Kita tidak dateng ke SKPD misalnya bahwa kita dengan maksud untuk menginterview, tidak seperti itu,” tegasnya.

Selain itu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) yang juga hadir dalam diskusi tersebut mengatakan launching tim Saber Pungli akan dilaksanakan di awal Januari 2017 mendatang. Dengan begitu ia berharap pelayanan publik di Semarang ini tidak ada lagi pungli.

“Ini merupakan sebuah perintah untuk dibentuk di tingkat kota kabupaten, dan kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, Kepolisian, Kejaksaan,” ucapnya.

Hendi, sapaan akrabnya, juga mengatakan di tahun 2016 ini ia telah menindak beberapa pejabat di Semarang, mulai dari penurunan pangkat hingga melepas jabatan.

“Salah satu yang baru kita temukan di awal Desember adalah salah satu lurah dan dia di bulan Febuari akan pensiun. Lalu saya sampaikan kalau emang terbukti bersalah ya sudah langsung saja lepas jabatan,” tukasnya. (fen)