Home > METRO BERITA > Semarang akan Perbanyak Trotoar Cantik seperti di Jalan Imam Bonjol

Semarang akan Perbanyak Trotoar Cantik seperti di Jalan Imam Bonjol

METROSEMARANG.COM – Trotoar yang berada di Jalan Imam Bonjol menjadi percontohan penataan infrastruktur trotoar yang nyaman di Kota Semarang. Selain dibenahi, trotoar tersebut juga dilengkapi dengan bola dan taman kecil sepanjang jalan yang mempercantik tampilan area khusus pejalan kaki ini.

Trotoar Jalan Imam Bonjo Kota Semarang kini lebih cantik dengan taman dan bola berwarna jingga. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Trotoar Jalan Imam Bonjo Kota Semarang kini lebih cantik dengan taman dan bola berwarna jingga. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Sudah kami anggarkan tahun lalu, namun baru terlaksana sekarang. Kami harap, masyarakat yang menggunakan trotoar tersebut menjadi lebih nyaman,” kata Wali Kota Semarang melalui Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Agus Harmunanto dalam sambutannya di acara Bedah Buku Trotoar untuk Pejalan Kaki, Selasa (27/9).

Dia mengatakan, lima tahun ke depan akan diperbanyak lagi jumlah trotoar yang layak demi mewujudkan kota yang indah. Selain itu, trotoar juga bisa difungsikan sebagai ruang publik yang bisa digunakan masyarakat.

Sementara itu, penulis buku ‘Trotoar untuk Pejalan Kaki’, Gatoet Wardianto mengatakan, pembangunan trotoar merupakan kebutuhan, terutama bagi kota modern. Sebagai kota yang modern, segala sesuatu, termasuk infrastruktur trotoar juga harus memenuhi standar modern.

“Namun tidak semua jalan bisa dibangun trotoar. Harus melalui kajian terlebih dahulu. Seperti contohnya di Jalan Diponegoro (Siranda), di sana tidak perlu dibangun trotoar karena potensi pejalan kaki yang melalui jalan tersebut sangat kecil, bahkan tidak ada pejalan kaki di sana,” ungkapnya. (ade)