Home > METRO BERITA > Semarang akan Punya Rumah Khusus untuk Korban Kekerasan Seksual

Semarang akan Punya Rumah Khusus untuk Korban Kekerasan Seksual

METROSEMARANG.COM – Banyaknya kasus kekerasan pada perempuan dan kekerasan seksual, membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mengupayakan adanya rumah rehabilitasi khusus bagi para korban. Rumah rehabilitasi tersebut akan diberi nama Rumah Duta Revolusi Mental.

Hevearita Gunaryanti Rahayu Foto: metrosemarang.com/dok
Hevearita Gunaryanti Rahayu
Foto: metrosemarang.com/dok

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pembangunan Rumah Duta Revolusi Mental baru akan dimulai pada anggaran perubahan. Namun dirinya belum bisa memastikan lokasi mana yang akan digunakan untuk pembangunan gedung tersebut.

“Rumah ini akan menjadi wadah bagi para korban kekerasan, terutama wanita dan anak-anak. Mereka akan dipulihkan secara psikologis dan dibekalib dengan keterampilan agar ketika kembali ke masyarakat akan lebih percaya diri,” kata dia, Kamis (6/10).

Bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berkecimpung di dunia pendampingan anak dan wanita, rumah ini juga akan memberikan perlindungan hukum bagi mereka yang membutuhkan.

“Harapan kami, bisa mengurangi jumlah angka kekerasan pada anak dan perempuan, khususnya kekerasan seksual mengingat Kota Semarang berada di peringkat pertama angka kekerasan pada perempuan se-Jawa Tengah,” imbuh Ita, sapaan akrabnya. (ade)