Home > METRO BERITA > Sempat Pontang-panting Kumpulkan Dana, Kepsek SD Ngaliyan 1 Terharu Anak Didiknya Ukir Prestasi Nasional

Sempat Pontang-panting Kumpulkan Dana, Kepsek SD Ngaliyan 1 Terharu Anak Didiknya Ukir Prestasi Nasional

METROSEMARANG.COM – SDN Ngaliyan 01 baru saja meraih Juara Umum Kejurnas Marching Band Hamengku Buwono Cup 2016 di Yogyakarta. Namun, prestasi membanggakan tersebut tak didapat secara ‘cuma-cuma’. Selain para siswa yang harus ‘lembur’ berlatih, pihak sekolah juga sempat pontang-panting mengumpulkan dana untuk memberangkatkan 104 anak didiknya ke Kota Gudeg.

Kepala SDN Ngaliyan 01, Nurlaini Purwaningsih bersama Razita Marpaung. Kerja keras tim berbuah prestasi di Kejurnas HB Cup 2016. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Kepala SDN Ngaliyan 01, Nurlaini Purwaningsih bersama Razita Marpaung. Kerja keras tim berbuah prestasi di Kejurnas HB Cup 2016. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Tak berlebihan jika Kepala SDN Ngaliyan 01, Nurlaini Purwaningsih mengaku terharu dengan prestasi yang ditorehkan Razita Marpaung dkk. Menurutnya, persiapan menuju kejurnas yang berlangsung di GOR Amongrogo Yogyakarta, 29-30 Oktober tersebut sangat menguras energi para siswa, guru maupun orangtua.

“Untuk memberangkatkan 104 siswa total dana mencapai Rp 50 juta.  Dana tersebut digunakan untuk tranportasi dan akomodasi para siswa yang akan berlomba selama dua hari, karena panitia memang tidak menyediakannya,” kata Nurlaini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/11).

Dia sangat bersyukur mendapat bantuan dari berbagai pihak hingga akhirnya Tim Marching Band Gita Swara bisa berlaga di Yogyakarta dan dinobatkan sebagai juara umum. Pihaknya juga mengajukan proposal ke beberapa instansi dan perusahaan, selain juga sumbangan dari orang tua.

“Pak Gubernur dan Pak Wali Kota juga memberikan bantuan secara langsung pada kami. “Orangtua murid juga sangat membantu dan tentunya juga atas kesepakatan dengan komite,” urai Nurlaini.

Bahkan, kata dia, konsumsi anak-anak selama proses latihan sejak September silam juga ditanggung orangtua. Mereka rela tidak pulang ke rumah usai pelajaran berakhir, tetapi langsung berlatih hingga pukul 16.00.

Pada Kejurnas HB Cup 2016, SDN Ngaliyan 01 mengusung tema Semarang 3 Warna dengan membawa ikon Kota Semarang, Warak Ngendok. Selain menyabet gelar juara umum, Razita Khairina Prasaja Marpaung juga dinobatkan sebagai juara 1 kategori Field Commander Yunior. (vit)