Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Sempat Unggul, PSIS Keok 1-3 di Kandang PSMS

Sempat Unggul, PSIS Keok 1-3 di Kandang PSMS

METROSEMARANG.COM – PSIS harus menunda kelolosan ke babak 8 besar Liga 2. Mahesa Jenar gagal memertahankan keunggulan dan dipaksa takluk 1-3 dari tuan rumah PSMS Medan pada matchday 5 babak 16 besar Grup B.

Pemain PSMS merayakan gol ke gawang PSIS pada pertemuan pertama di Kendal

Tampil di Stadion Teladan Medan, Sabtu (7/10), PSIS melakukan merombak starting XI. Pelatih Subangkit memberi debut kepada tiga rekrutan baru. Nanang Wahyudi memainkan peran yang ditinggalkan Safrudin Tahar di sisi kanan pertahanan. Ali Khumaidi menggantikan Rio Saputra sebagai partner kapten Haudi Abdillah. Sedangkan Adit Wafa mengisi peran Ahmad Agung untuk berduet dengan Ruud Gullid di lini tengah.

Di lini serang, Erik Dwi Ermawansyah kembali merumput setelah absen pada dua laga sebelumnya. Eks Madura United menggantikan posisi Hari Nur Yulianto untuk menopang Sholihul Islam. Bintang kemenangan atas Persita Tangerang, Rifal Lastori juga menghilang dari barisan starter Mahesa Jenar. Perannya di sisi kanan digantikan Andrid Wibawa.

PSMS yang butuh kemenangan demi menjaga kans ke 8 besar langsung tampil menekan sejak awal pertandingan. Namun, dua winger Ayam Kinantan, Frets Butuan dan Elthon Maran selalu kesulitan mengirim umpan matang kepada target man, I Made Wirahadi.

PSIS mencoba bermain rapat di lini pertahanan dan sesekali membalas melalui counter attack. Percobaan pertama pasukan Mahesa Jenar atas nama Andrid Wibawa. Namun, sepakannya dari luar kota penalti melebar di sisi kiri gawang Abdul Rohim.

I Made Wirahadi membalas dua menit kemudian. Kali ini shooting striker gaek itu juga melesat di sisi kiri gawang PSIS. Tim tamu punya kans memimpin melalui skema set piece. Namun, eksekusi Taufik Hidayat bisa ditepis Abdul Rohim.

PSMS mencoba membalas di menit 29 melalui skema yang sama. Eksekusi free kick Gusti Sandria dari sisi kiri pertahanan PSIS masih sigap dihalau kiper Aji Bayu.

Setelah berbalas serangan, tim tamu akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit 36. Berawal akselerasi Andrid Wibawa dari area kiri, bola kemudian disodorkan ke Melcior yang terpaksa dijatuhkan bek PSMS. Kali ini Taufik Hidayat tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan mengoyak gawang PSMS.

Gol tersebut membuat tuan rumah makin gencar memberikan tekanan. Menit 38 sepakan akrobatik Elthon Maran masih tepat mengarah ke Aji Bayu. Empat menit kemudian, sepakan keras Frets Butuan juga bisa ditepis kiper PSIS.

PSMS akhirnya sukses menyamakan skor di menit 48. Eksekusi tendangan bebas Gusti Sandria sempat ditepis Aji Bayu dan menerpa tiang sebelah kiri. Bola rebound langsung dicocor Elthon Maran.

Skor imbang hanya bertahan tiga menit. Tuan rumah berbalik unggul di menit 51 melalui sepakan Suhandi setelah menerima sodoran Frets Butuan.

Alih-alih menyamakan skor, gawang Aji Bayu justru kembali jebol untuk kali ketiga di menit 70. Aksi individu Frets Butuan gagal dibendung Ali Khumaidi dan Haudi Abdillah. Eks penyerang PS TNI U-21 itu melepaskan tendangan keras yang tak mampu dihalau Aji Bayu.

PSMS nyaris memperlebar jarak di menit 85. Namun, eksekusi I Made Wirahadi hanya menerpa tiang gawang.

Skor 3-1 bertahan hingga akhir pertandingan. Kemenangan ini menghidupkan peluang PSMS melaju ke babak 8 besar. Ayam Kinantan kini mengoleksi poin 7 dan menempel Persibat Batang yang di saat bersamaan takluk 1-2 dari Persita.

Bagi PSIS, hasil buruk di Medan belum menggoyahkan posisi mereka di puncak klasemen Grup B dengan poin 10. Pada laga pamungkas, Haudi Abdillah cs akan menjamu Persibat, Rabu (11/10) dan PSMS away ke kandang Persita. (twy)

Susunan Pemain

PSMS 4-2-3-1: Abdul Rohim–Gusti Sandria, Roni Fatahillah, Wanda Syahputra, Fredyan Sugiyantoro; M Alwi Slamat, Legimin Raharjo; Frets Butuan, Suhandi, Elthon Maran; I Made Wirahadi

PSIS 4-2-3-1: Aji Bayu Putra–Nanang Wahyudi, Haudi Abdillah, Ali Khumaidi, Taufik Hidayat; Ruud Gullid, Adit Wafa; Andrid Wibawa, Erik Dwi Ermawansyah, Melcior Majefat; Sholihul Islam

Klasemen Grup B

M    Mn    S    K    Gol    P

1. PSIS         5    3       1    1      9-5    10

2. Persibat    5    2       1    2      6-6    7

3. PSMS       5    2       1    2      6-5    7

4. Persita      5    1       1    3      3-8    4