Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Sempurna! PSIS Gilas Persikabo 5-1

Sempurna! PSIS Gilas Persikabo 5-1

image
PSIS berpesta gol ke gawang Persikabo dengan kemenangan 5-1. Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG – PSIS menutup fase 16 besar dengan hasil sempurna, setelah di laga terakhir, Rabu (24/9) malam, melibas tamunya Persikabo, dengan skor 5-1. Hasil ini menempatkan Mahesa Jenar di puncak klasemen Grup J, dengan 13 poin. Gol-gol tuan rumah dihasilkan Ahmad Nufiandani (2 gol), Julio Alcorse, Ronald Fagundez dan Hari Nur Yulianto. Sedangkan satu-satunya gol Persikabo diukir Rio Prasetyo.
 
Pertandingan baru berumur satu menit, Nufiandani sudah mengoyak gawang Persikabo. Gol ini berawal dari umpan sundulan Julio Alcorse, dan diteruskan dengan aksi solo run Nufiandani dari sayap kanan. Pemain bernomor 14 ini tanpa kesulitan menceploskan bola ke sudut kanan gawang Tema Mursadat.
 
Sial bagi Persikabo. Tak hanya kebobolan, mereka juga harus kehilangan bek Tsimi Joel yang mengalami cedera dan memaksa pelatih Kashartadi memasukkan Bobby Satria. Nufiandani nyaris menambah keunggulan di menit kelima. Sayang, sundulannya masih melenceng di sisi kanan gawang Bogor.
 
Laskar Pajajaran langsung merespons dan berani meladeni permainan terbuka tuan rumah. Di menit ketujuh, Rio Prasetyo sempat membungkam publik Jatidiri, ketika sepakan spekulasinya dari jarak sekitar 25 meter gagal diamankan kiper Ivo Andre. Pemain-pemain Persikabo sempat melancarkan protes karena wasit menganggap bola belum melewati garis gawang. Setelah berdiskusi dengan hakim garis, wasit Hulman akhirnya mensahkan gol Rio Prasetyo.
 
Gol itu membuat anak asuh Eko Riyadi semakin bersemangat menggempur pertahanan tim tamu. Nufiandani benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Rudi Widodo dkk. Eks Persijap itu kembali mencatkan namanya di papan skor saat laga memasuki menit 16. Menerima sodoran dari Ronald Fagundez di sisi kiri, Dani mengecoh dua bek Persikabo dan mengirim bola dengan kaki kiri tanpa bisa dicegah Tema Mursadat.
 
Unggul 2-1, Fauzan Fajri dkk belum mengendorkan serangan. Namun, PSIS harus menunggu hingga menit 38 untuk menambah keunggulan. Kali ini sundulan Julio Alcorse meneruskan tendangan bebas Ronald Fagundez mengubah skor menjadi 3-1, sekaligus menjadi gol pamungkas di babak pertama.
 
Tekanan PSIS masih berlanjut di paruh kedua. Nufiandani kembali menebar ancaman di menit 54. Tapi, sepakannya masih meluncur tipis di sisi kanan gawang Persikabo. Dua menit kemudian, giliran Fagundez yang mencoba peruntungan. Sayang, eksekusinya masih bisa dimentahkan Edi Kurnia yang masuk menggantikan Tema Mursadat.
 
Gelandang Uruguay itu akhirnya benar-benar mengoyak gawang Persikabo di menit 66, meneruskan umpan Julio Alcorse. Pesta gol PSIS ditutup oleh Hari Nur Yulianto. Masuk menggantikan Alcorse di akhir babak kedua, Mukri sukses menjebol gawang Bogor di menit 85, sekaligus menambah pundi-pundi golnya menjadi sembilan.
 
Skor 5-1 tak berubah hingga akhir pertandingan. Kemenangan telak ini sekaligus menyempurnakan sukses PSIS lolos ke perempatfinal sebagai juara Grup J. Mahesa Jenar unggul tiga angka di atas PSCS Cilacap yang di saat bersamaan mengandaskan Pro Duta 1-0. (*)
 
SUSUNAN PEMAIN
PSIS 4-2-3-1: Ivo Andre—Taufik Hidayat, Fauzan Fajri, Anam Sahrul, Safrudin Tahar; Ediyanto (Vidi Hasiholan), Andi Rohmad; Ronald Fagundez, M Yunus (Eli Nasoka), Nufiandani; Julio Alcorse (Hari Nur)
 
Persikabo 4-2-3-1: Tema Mursadat (Edi Kurnia)—Haryadi, Novianto, Tsimi Joel (Boby Satria), Munadi; Wahyu Setianto, Septian Adriansyah; Rio Prasetyo, Budi Sudarsono (Eki Nurhakim), Rezky Ikhwan; Rudi Widodo