Home > Berita Pilihan > Senandung Gamelan Soepra Menggetarkan Lawang Sewu

Senandung Gamelan Soepra Menggetarkan Lawang Sewu

METROSEMARANG.COM – Lantunan gamelan yang dibawakan oleh siswa SMA Kolese Loyola memeriahkan Konser Gamelan Soepra di Lawang Sewu, Semarang, Sabtu (13/5) malam. Konser ini sebagai wujud apresiasi terhadap seni dan budaya, serta memperkenalkan kesenian Gamelan Soepra di Kota Lumpia.

Konser Gamelan Soepra di Lawang Sewu yang dimainkan oleh siswa SMA Kolese Loyola Semarang, Sabtu (13/5). Foto: metrosemarang.com/adhi permana widodo

Ketua divisi Humas dan Publikasi, B. Singgih Prasetyo, menyatakan acara ini diselenggarakan sebagai bentuk nyata kepedulian sekolah terhadap kesenian di Kota Semarang. Sesuai dengan tema acara, “Simfoni Nada dalam Kaum Muda”, kegiatan ini melibatkan para siswa sekolah yang berlokasi di Jalan Karanganyar No. 37, Semarang.

“Untuk konser ini sendiri kita adakan rutin setiap dua tahun sekali, dan sudah kali kedua ini kita adakan di Lawang Sewu,” ucapnya.

Gamelan Soepra sendiri merupakan salah satu warisan kesenian SMA Loyola sejak 1965 dengan merujuk dari nama Uskup Agung Semarang pada saat itu, Mgr. Soegijapranata, SJ. “Ini sebagai bentuk rasa hormat dan apresiasi terhadap jasanya bagi kota Semarang dan Indonesia,” katanya.

Gamelan Soepra diciptakan pada tahun 1957 oleh Pater Henricus Constant van Deinse, SJ yang lebih akrab dipanggil dengan Pater van Deinse. Nama Gamelan Soepra ini diberikan langsung oleh Presiden RI pertama Bung Karno pada tanggal 22 Juli 1965 dalam pembukaan kongres VII Partai Katolik di Istora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Gamelan Soepra berbeda dengan gamelan Jawa. Letak perbedaannya adalah pada nadanya, di mana Gamelan Soepra bisa memainkan lagu-lagu modern dari berbagai aliran.

Konser ini diharapkan dapat membangkitkan kecintaan para generasi muda terhadap kesenian. “Ini juga sebagai bentuk pengamalan nilai sekolah kita untuk melestarikan seni dan budaya lokal,” imbuh Singgih.

Salah satu pengunjung, Paskarena, memberikan pujian terhadap konser Gamelan Soepra ini. “Kesenian ini merupakan yang pertama di Kota Semarang, yang menggabungkan musik tradisional dan modern, luar biasa deh pokoknya,” ujarnya. (MG-01)