Home > METRO BERITA > Sepakbola Api Meriahkan Hari Santri Kota Semarang

Sepakbola Api Meriahkan Hari Santri Kota Semarang

METROSEMARANG.COM – Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional, Pengurus Cabang Nadlatul Ulama (PCNU) Kota Semarang mempersiapkan 15 rangkaian kegiatan. Salah satu kegiatan yang akan menjadi daya tarik masyarakat luas adalah sepakbola api.

Ilustrasi  Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

“Sepakbola api sengaja kami hadirkan dalam memeriahkan hari santri, sebab tradisi ini menjadi seni persepakbolaan khas pesantren” kata Agus Fathuddin Yusuf, Ketua Panitia Hari Santri Kota Semarang (8/10).

Sepak bola api akan dilaksanakan pada Jumat (21/6) pukul 19.00 di halaman plaza Masjid Agung Jawa Tengah sebelum acara Istighotsah Kebangsaan dan Pembacaan Satu Milyar Shalawat Nariyah. Peserta sepakbola api berasal dari Pondok Pesantren Darunnajah, Pondok Pesantren Azzuhri dan segenap santri Semarang.

“Bagi masyarakat Kota Semarang yang ingin menikmati sensasi panasnya bola api juga diperbolehkan untuk bergabung meramaikan permainan ini,” tambah Agus.

Peringatan Hari Santri Nasional, lanjutnya, tidak sekadar upacara dan hura-hura semata. Tetapi lebih merupakan bentuk syukur anak bangsa masih diberi kesempatan mengamalkan ajaran Ahlussunnah Waljamaah ala thoriqotul Nahdlatul Ulama dan mengawal kedaulatan NKRI sebagai harga mati. Momentum ini sekaligus dijadikan sebagai perenungan anak bangsa apa yang akan dilakukan dari santri untuk bangsa dan negeri ini di masa mendatang.

Ketua Tanfidziyah PCNU Anasom MHum mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama merayakan hari santri dengan kegiatan-kegiatan positif. PCNU bersama Pemerintah Kota dan seluruh komponen masyarakat kompak menyambut hari santri.

Kegiatan sepak bola api ini menjadi simbol tradisi bahwa betapa panasnya api yang ditendang namun tidak diarahkan menyakiti tubuh pemain lainnya. “Simbol api adalah semangat membangun negeri dan nasionalisme Indonesia dengan mencintai  tradisi” imbuh Aansom.

Semua permainan santri sangat memiliki nilai filosofis dan ini akan kita persembahkan untuk menghibur masyarakat Kota Semarang. (ade)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link