Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Setahun Terakhir, Kunjungan Turis Asing ke Jateng Anjlok

Setahun Terakhir, Kunjungan Turis Asing ke Jateng Anjlok

METROSEMARANG.COM – Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Jawa Tengah sepanjang November 2016 kemarin mengalami penurunan hingga 11,35 persen atau hanya 2.304 jiwa, bila dibanding bulan sebelumnya masih berkisar pada angka 2.599 jiwa.

Candi Borobudur menjadi salah satu favorit tujuan wisatawan di Jawa Tengah. Foto: metrojateng.com

“Apabila dilihat melalui pintu masuk Bandara Adi Soemarmo, jumlah turis asingnya turun hampir 72,85 persen yaitu dari 722 kunjungan menjadi 196 kunjungan,” ungkap Samiran, Pelaksana tugas Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Jateng saat dikonfirmasi, Rabu siang (4/1).

Ia menuturkan bahwa kondisi berbeda justru tampak dari jumlah wisatawan asing yang mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Di bandara tersebut, jumlah turisnya malah melonjak naik sampai 12,31 persen atau sebanyak 2.108 jiwa.

Lebih jauh, ia mengatakan turis Malaysia tetap mendominasi kunjungan ke Indonesia. Rata-rata jumlahnya mencapai 667 kunjungan lalu disusul kunjungan turis dari Singapura sebanyak 461 kali dan turis India sekitar 63 kunjungan.

Kabar menggembirakan justru tampak dari tren hunian kamar yang ada di hotel-hotel berbintang di Jawa Tengah. Samiran menyebutkan kalau hunian kamar hotel berbintang saat ini mencapai 45,23 persen. “Ini artinya ada kenaikan sekitar 0,45 poin dibanding periode sama pada tahun lalu,” jelasnya.

Ia berharap dengan kondisi ini maka Pemprov Jateng harus melakukan berbagai inovasi di bidang pariwisata salah satunya menonjolkan destinasi wisata di wilayah pesisir pantai dan pegunungan. “Karena hal itu yang mampu menarik perhatian wisatawan,” katanya. (far)