Home > METRO BERITA > Siaga Bencana, Personel Gabungan Latihan Bersama di Banjir Kanal Barat

Siaga Bencana, Personel Gabungan Latihan Bersama di Banjir Kanal Barat

METROSEMARANG.COM – Personel gabungan dari BPBD Kota Semarang, Basarnas, TNI, Polri, serta relawan kebencanaan gelar uji lapangan penanggulangan bencana menghadapi banjir bandang di Kota Semarang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Bantaran Sungai Banjir Kanal Barat, Kelurahan Simongan, Rabu (6/12).

Latihan penanggulangan bencana di Banjir Kanal Barat, Rabu (6/12). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Ini upaya dari BPBD Provinsi maupun Kota Semarang supaya mereka selalu siaga. Kondisi di Semarang saat ini sangat rawan dengan potensi terjadinya bencana alam, sekarang hujan durasinya semakin lama, tinggi gelombang di atas rata-rata,” kata Wali Kota Hendrar Prihadi.

Sementara, Kepala BPBD Kota Semarang, Agus Harmunanto mengatakan, saat ini pihaknya juga sudah membentuk 35 Kelurahan Siaga Bencana (KSB). KSB tersebut merupakan sebuah upaya penanganan dini ketika terjadi bencana dari wilayah terkecil untuk kemudian ditindaklanjuti instansi terkait.

“Jadi setiap KSB ini nantinya ketika terjandi bencana mereka akan segera melaporkan kepada BPBD untuk segera ditangani,” ujar Agus. 

Dia menambahkan, pihaknya bersama Basarnas, Polri, dan TNI serta relawan kebencanaan mengerahkan sekitar 10 ribu personel untuk siap siaga menangani jika nantinya terjadi bencana. 

“Untuk semarang saat ini fokus pada bencana banjir. Beberapa wilayah yang rawan terjadi banjir juga sudah kami petakan, di antaranya Sawah Besar, Kaligawe, Rowosari, Mangkang Wetan, Mangkang Kulon, sama Dinar Mas,” pungkas Agus. (fen)

Tinggalkan Balasan