Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Siapkan Dua Formasi Ini, Subangkit Ingin Bikin PSIS Lebih Garang

Siapkan Dua Formasi Ini, Subangkit Ingin Bikin PSIS Lebih Garang

METROSEMARANG.COM – Pelatih PSIS, Subangkit ingin timnya tampil lebih garang musim ini. Dia juga sudah menyiapkan sejumlah formasi guna mendongkrak produktivitas Johan Yoga dkk.

Pada sesi latihan game di Stadion Jatidiri, Selasa (24/1) sore, Subangkit mulai mencoba membiasakan pemainnya dengan formasi 3-5-2 dan 4-4-2. Di musim sebelumnya, PSIS identik dengan formasi 4-2-3-1 dengan Johan Yoga Utama sebagai target man.

Taufik Hidayat memainkan peran baru dalam formasi anyar yang disiapkan pelatih Subangkit. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

“Dari hasil evaluasi musim kemarin, produktivitas gol menjadi problem di tim ini. Makanya saya coba formasi 3-5-2 dan 4-4-2 dengan menambah satu striker untuk mendampingi Johan,” kata dia.

Saat memakai formasi tiga bek, Haudi Abdillah, Rio Saputro dan Anhar Latif atau Tegar Pribadi dipasang bergantian di lini pertahanan. Sedangkan posisi wingback diisi Taufik Hidayat dan Safrudin Tahar, dengan tiga gelandang yang diperankan Saddam Sudarma, M Yunus dan Ilham Arfil untuk mendukung duet Johan dan Hari Nur.

Namun, Subangkit menegaskan jika formasi tim yang bakal dia terapkan untuk PSIS musim ini sangat fleksibel. “Bisa saja kami pakai 4-3-3 atau 4-2-3-1, tergantung lawan yang dihadapi. Karenanya para pemain juga harus terbiasa bermain dalam skema yang berbeda,” ujarnya.

Masalahnya, sampai saat ini Subangkit belum menemukan penyerang baru untuk menambah kedalaman di lini serang. Eks striker PSPS Riau, Ahmad Ikhwan sempat nyaris bergabung, sebelum akhirnya pamit pulang karena alasan keluarga. Saat ini hanya tersisa eks Bhayangkara, M Rezal yang masih menjalani trial. (twy)