Sido Muncul Ajak Penyandang Tuna Netra Berwirausaha melalui Tanaman Obat

Dirut PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat dan Pembina Pertuni Moh 'Bob' Hasan menandai pelatihan tanaman obat untuk penyandang tuna netra, Senin (9/2). Foto Metrosemarang
Dirut PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat dan Pembina Pertuni Moh ‘Bob’ Hasan menandai pelatihan budidaya tanaman obat untuk penyandang tuna netra, Senin (9/2). Foto Metrosemarang

SEMARANG – PT Sido Muncul Tbk bersama Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia) menggelar pelatihan budidaya tanaman obat untuk penyandang tuna netra, Senin (9/2). Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengajak mereka agar mampu mandiri dengan mengembangkan wirausaha.

Pelatihan ini diikuti 21 peserta anggota Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) dari sejumlah daerah di Jateng, seperti Semarang, Magelang, dan Salatiga. Mereka mendapatkan penyuluhan mulai dari pembibitan, penanaman hingga pascapanen dan suplai produk ke Sido Muncul.

Adapun, tanaman yang diberikan adalah tanaman yang mudah dikenali dengan indra penciuman, seperti kencur, jahe, sereh dan kayu manis. “Nantinya budidaya dilakukan di lahan masing-masing dengan pendampingan Sido Muncul.” Ujar Irwan.

Bulan lalu Sido Muncul dan Pertuni menuangkan kerjasama itu dalam sebuah nota kesepahaman. Menurut Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, jumlah tuna netra di Indonesia lebih dari 3,5 juta orang. Sebanyak 50 ribu di antaranya sudah masuk anggota Pertuni.

“Jutaan orang itu karena keterbatasannya, kadang mereka masih mengalami diskriminasi. Termasuk saat mengakses layanan publik, pekerjaan, transportasi umum dan lain-lain,” kata Irwan usai membuka workshop budidaya tanaman obat di kompleks pabrik Sido Muncul.

Untuk itulah, penyandang tuna netra dilatih mengenali tanaman obat melalui aroma yang khas. Tahap berikutnya adalah dengan pelatihan menanam, merawat, memanen, hingga perlakuan hasil panenan. “Ini lanjutan dari kerja pemberdayaan kami hingga melahirkan ‘desa rempah’ di lima desa dua kabupaten. Juga lanjutan dari pemberdayaan masyarakat hutan,” kata Irwan.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Umum Pertuni Aria Indrawati dan pembina Pertuni, Moh (Bob) Hasan. Dalam sambutannya Aria menyambut baik kerjasama dengan Sido Muncul ini. Ia mengharapkan, dengan kesempatan yang diberikan Sido Muncul akan mampu meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan para penyandang tuna netra. (joe)