Home > METRO BERITA > Sisca Senang Tom & Jerry Dilarang

Sisca Senang Tom & Jerry Dilarang

tom-and-jerry-dilarang-di-semarang

SEMARANG – Sejumlah reaksi dari masyarakat bermunculan usai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) merilis daftar film seri anak yang dilarang tayang ditelevisi. Berdasarkan rilis KPI, salah satu film seri yang dilarang penayangannya adalah kartun Tom & Jerry. Film kartun populer ini menurut KPI tidak boleh ditayangkan karena mengandung unsur-unsur kekerasan fisik dan adegan berbahaya.

Di Kota Semarang sendiri banyak warga yang menyambut senang keputusan KPI tersebut. Fransisca¬†misalnya, warga Jatisari Kecamatan Mijen ini mendukung aturan KPI melarang penayangan kartun Tom and Jerry. Menurut ibu dua anak ini, banyak adegan di film yang mengisahkan permusuhan kucing dan tikus ini menonjolkan kekerasan fisik. “Di film Tom and Jerry yang ditonjolkan hanya gebuk-gebukan. Anak-anak bisa meniru adegan-adegan ini dan menganggap adegan kekerasan adalah hal biasa,” ujar wanita yang akrab dipanggil Sisca ini menjelaskan.

Menurut Sisca, justru tayangan lokal yang mendidik harus diperbanyak di televisi. Seperti film petualangan Si Unyil atau Si Bolang yang banyak menyajikan kekayaan budaya Indonesia. (hwd)