Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > SM3T Unnes Siap Mengabdi, Diberi Pembekalan 130 Jam

SM3T Unnes Siap Mengabdi, Diberi Pembekalan 130 Jam

Peserta SM3T Unnes 2014 (foto: Metro)
Peserta SM3T Unnes 2014 (foto: Metro)

 

SEMARANG  – Tahun ini, durasi pembelajaran Peserta Sarjana Mendidik di Daerah Tedepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Angkatan IV lebih panjang 10 jam dibanding dengan tahun sebelumnya. Selama 13 hari mereka akan memperoleh pembekalan selama 130 jam berupa prakondisi untuk mempersiapkan pengabdian di daerah. Tahap prakondisi itu berlangsung mulai Selasa (12/8) hingga Minggu (24/8).

Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Unnes, Ngabiyanto mengatakan, tambahan jam tersebut karena tahun ini peserta mendapat materi tambahan. Yakni pendalamaan implementasi Kurikulum 2013. “Tahun ini ada pendalaman penerapan kurikulum 2013. SM3T tahun ini diikuti oleh 250 sarjana dari 14 Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan (LPTK) di Indonesia,” kata Ngabiyanto.

Selain dari Unnes, peserta SM3T Unnes angkatan IV berasal dari UNS Surakarta, Universitas PGRI Semarang, Universitas Manado, UPI Bandung, UPS Tegal, UKSW Salatiga, UMK Kudus, Unmuh Purwokerto, Unmuh Surakarta, Universitas Widya Darma Klaten, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, IKIP Budi Utomo, dan Universitas Sultan Agung Tirtayasa. “Mereka akan ditempatkan di tujuh daerah di lima provinsi. Nangroe Aceh Darussalam, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Papua,” lanjut Ngabiyanto.

Pembantu Rektor Bidang Akademik, Dr. Agus Wahyudin menjelaskan, kahadiran para SM3T telah diharapkan oleh bupati dan kepala dinas di daerah. “Mereka berharap agar para sarjana terpilih ini berkontribusi memajukan pendidikan di daerah mereka,” kata Wahyudin. Menurutnya SM3T harus menunjukkan karakter nasionalis. Sebab SM3T juga bertugas menganyam kesatuan bangsa, dan menjalin persaudaraan. (MS-06)