Home > METRO BERITA > SMA 3 Semarang Ajak Siswa Baru Belajar Membatik

SMA 3 Semarang Ajak Siswa Baru Belajar Membatik

METROSEMARANG.COM – Ratusan siswa baru SMA 3 Semarang nampak semringah tatkala mengisi rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan membatik, Selasa (18/7). Sebanyak 432 murid baru yang terbagi dalam puluhan kelompok ini membuat berbagai macam kreasi batik sesuai dengan kreatifitas mereka masing-masing.

Ratusan murid baru SMA 3 Semarang mengisi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan membatik, Selasa (18/7). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Di atas kain berukuran 90×120 cm, mereka silih berganti menggoreskan malam dengan canting secara bergantian. Tak jarang sedikit gurauan antar sesama murid membuat kegiatan membatik ini semakin meriah.

Cuaca yang cerah dan tak terlalu terik juga menambah semangat mereka dalam berkreasi. Berbagai pola batik tercipta dari tangan-tangan murid baru ini. Mulai dari pola bergambar bunga hingga pola bergambar Tugu Muda pun menjadikan batik yang tercipta semakin bervariatif.

Wakil Kepala Sekolah, Maskur mengatakan, kegiatan ini memang sengaja digelar untuk mengenalkan budaya dan kearifan lokal terutama yang ada di Kota Semarang.

“Terutama batik, jadi anak-anak bisa kenal yang namanya canting itu seperti ini, mengenal cara dari pola sama mengenal alat-alat untuk membatik yang mereka persiapkan dengan harga yang sangat murah dan ternyata ini menyenangkan bagi mereka,” ujar Maskur.

Sebagian besar peserta kegiatan ini mengaku belum pernah membatik dengan cara sedetail ini. Bahkan ada beberapa dari mereka yang mengaku sama sekali belum pernah membatik.

Salah seorang peserta, Derryl Carmenita mengaku senang bisa belajar dan mengenal tata cara membatik ini. Meskipun membatiknya agak belepotan karena ini baru pertama kali baginya membuat batik, namun ia tetap melaksanakannya dengan penuh semangat.

“Bukan kaya MOS (Masa Orientasi Siswa) yang dulu serem, malahan sekarang kegiatanyya menyenangkan. Nggak terlalu menegangkan, ada mbatik ada pembuatan buku panduan, seru banget pokoknya,” ujarnya.

Seperti diketahui, kegiatan masa orientasi kali ini berubah nama menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Dimana kegiatan tersebut digelar selama tiga hari dengan berbagai kegiatan seperti pengenalan lingkungan, pengenalan budaya, serta pentas seni.

Di SMA 3 Semarang sendiri puncaknya pada Rabu (19/7) besok. Berbagai pementasan dari belasan ekstrakulikuler yang ada SMA tersebut ditampilkan agar para murid baru mengenal lebih dalam tentang sekolah yang mereka tempati saat ini. (fen)