Home > METRO BERITA > SMA 8 Belum Berani Tentukan Besaran SPP bagi Siswa

SMA 8 Belum Berani Tentukan Besaran SPP bagi Siswa

METROSEMARANG.COM – Peralihan kewenangan terkait pengelolaan SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi (Pemprov) per 1 Januari lalu ternyata hingga kini masih belum jelas. Pasalnya sampai saat ini Gubernur Jawa Tengah belum mengeluarkan keputusan.

Sugiyo, Kepala SMA Negeri 8 Semarang
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Kepala SMA Negeri 8 Semarang, Sugiyo menuturkan, peralihan kewenangan sebenarnya hal yang wajar. Menurutnya sangat mungkin jika di daerah atau tempat lain untuk menangani SMA/SMK terlalu berat. Sehingga kata dia, peralihan kewenangan dirasa sebagai hal yang tepat.

Namun meski demikian ia juga mengakui peralihan kewenangan ini tetap memengaruhi sekolahnya. “Memang tidak ada pengaruh signifikan, tapi tetap ada pengaruh misalnya untuk mekanisme BOS juga,” bebernya saat ditemui┬ámetrosemarang.com┬ádi kantornya, Rabu (11/1).

Seperti diketahui peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK ke Pemprov juga memengaruhi mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS), gaji guru, ujian nasional, serta pemeliharaan sekolah. Sugiyo berharap nantinya mekanisne BOS bisa lebih mudah. Mengingat fasilitas sekolahnya yang masih kurang jika dibandingkan SMA favorit semisal SMAN 3.

Lebih jauh, ia mengungkapkan gaji 16 guru honorer di SMA yang berlokasi di Jalan Raya Tugu ini masih belum turun. Meski ia mengakui memang sebelumnya gaji guru non PNS selalu turun pada tanggal tua. Namun ia berharap ke depannga gaji guru non PNS bisa turun di awal bulan.

“Memang dari dulu tanggal tua sesuai aturan kota, nominalnya sesuai UMR kota tentunya, tapi itu juga ada aturannya,” tambahnya.

Gaji guru non PNS untuk waktu mengajar kurang dari 24 jam dibayar sebesar Rp 50 ribu per jam. Tetapi kata dia, itu pun sesuai dengan tingkat pendidikan masing-masing guru. Sementara untuk gaji guru PNS telah dicairkan meski sempat molor.

Hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Gubernur. Selama keputusan belum ditentukan, pihaknya belum bisa memberikan besaran biaya SPP yang akan dibebankan pada orangtua murid.

“Tentunya belum berani (menentukan besarnya SPP), kita masih nunggu Pergub,” pungkasnya. (vit)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link