Home > METRO BERITA > SMA di Semarang Belum Siap UN Online

SMA di Semarang Belum Siap UN Online

SMA di Semarang
Ujian nasional secara online belum bisa diterapkan untuk SMA di Semarang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Pemerintah pusat merencanakan ujian nasional tahun ini akan menggunakan sistem online. Sistem tersebut dinilai lebih praktis dan efisien baik dari segi tenaga maupun biaya.

Namun tidak semua sekolah, termasuk SMA Negeri 3 Semarang siap menjalankan sistem tersebut. Menurut Waka Akademik SMA Negeri 3 Semarang Emmy Irianingsih, pihaknya beserta SMA lain di Semarang sudah sepakat untuk tidak menggunakan sistem online tahun ini.

Dijelaskan, ketidaksiapannya bukan berasal dari sumber daya manusia. “Kami sudah melakukan banyak persiapan agar siswa siap, seperti membuka jam ke-0, pembentukan kelas unggulan dan lain-lain,” terangnya, Senin (30/3) di lingkungan SMAN 3 Semarang. Ketidaksiapannya lebih kepada infrastruktur yang kurang mendukung.

Sementara itu, menurut sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang, Soedjono mengatakan, SMA-SMA di Semarang memang belum mumpuni untuk dilaksanakan ujian online.

“Kalau SMK sudah siap, di SMK memang ada jurusan yang mendukung untuk pelaksanaan ujian online. Ada banyak komputer dan jaringan yang mendukung. Sedangkan SMA mungkin hanya berupa laboratorium komputer yang jumlahnya terbatas,” paparnya.

UN tahun ini untuk SMA dan sederajat akan dilaksanakan pada 13 April hingga 15 April 2015. Sementara untuk SMK dan sederajat, 13 April hingga 16 April 2015. (ade)