Home > METRO BERITA > SMA/SMK Dikelola Provinsi, Sekolah di Semarang Belum Tentukan Besaran SPP

SMA/SMK Dikelola Provinsi, Sekolah di Semarang Belum Tentukan Besaran SPP

METROSEMARANG.COM – Pihak sekolah khususnya SMA dan SMK di Semarang masih harus menunggu kepastian keberlangsungan anggaran, paska pengelolaannya diambil alih oleh pemerintah provinsi. Tak hanya masalah anggaran, pelaksanaan UN, gaji non pegawai juga masih belum jelas dan belum diputuskan oleh Gubernur Jawa Tengah.

Ilustrasi. Laboratorium komputer SMA Negeri 3 Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

Teguh Wibowo, Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Semarang mengaku pihak sekolah belum bisa menentukan besaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP). “Belum ditentukan, saat ini masih menunggu keputusan dari Gubernur dan Dinas,” katanya, Kamis (5/1).

Terpisah, Wiharto, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA/SMK se Kota Semarang, mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait. Salah satu pembahasan tersebut adalah anggaran BOS yang cukup krusial. Sebelumnya BOS turun dari pusat kemudian dialirkan ke pemerintah tingkat kota/kabupaten.

“Kalau diambil alih provinsi, pasti akan diatur oleh provinsi. Mekanismenya bagaimana nanti kita tunggu dari regulasi Gubernur,” tuturnya.

Wiharto yang juga menjabat Kepala Sekolah di SMA N 3 Semarang mengaku belum ada sekolah di Semarang yang menentukan besaran SPP. Apalagi sebelumnya ada aturan dari pemerintah Kota Semarang memang tidak diperbolehkan menentukan besaran SPP.

“SMA N 3 contohya, sudah lima tahun ini tidak ada SPP atau SPI, soalnya ini diatur oleh perda. Yang jelas kita sabar dulu sambil menunggu keputusan,” pungkasnya. (vit)