Home > METRO BERITA > Sosialita > So’im: Aktif Libatkan Masyarakat untuk Siaga Bencana

So’im: Aktif Libatkan Masyarakat untuk Siaga Bencana

So'im. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono
So’im. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono

Terbentuk pada 2010 lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Semarang langsung bergerak cepat. So’im, Kasi Bidang Rehabilitas dan Rekonstruksi langsung mengambil langkah inisiatif untuk membangkitkan kesigapan masyarakat ketika banjir.

“Kami membentuk Kelurahan Siaga Bencana (KSB) agar masyarakat yang berada pada jalur Daerah Aliras Sungai (DAS) bisa langsung tahu apa yang harus dilakukan ketika banjir datang,” terang dia.

Sampai saat ini ada beberapa kelurahan yang aktif berkomunikasi dengannya. Tidak menutup kemungkinan, So’im akan menggandeng masyarakat lain untuk bergabung bersama membentuk KSB di tiap-tiap Kelurahan di Kota Semarang.

Selain itu, dia juga merehabilitas infrastruktur pasca bencana terjadi. Seperti yang dia lakukan beberapa waktu lalu ketika terjadi banjir rob di daerah Terboyo. “Di sana kami beri pompa yang bisa membantu mengalirkan air supaya bisa segera mengalir ke laut,” kata dia.

Dia juga membangun lapak sementara ketika terjadi kebakaran di pasar Genuk. “Ini bertujuan agar roda perekonomian tetap berjalan sembari menunggu pemerintah membangunkan tempat baru untuk mereka,” ungkap pria kelahiran 21 Maret 1963 ini. (ade)