Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Sony Xperia M2 Aqua: Tahan Air, Tahan Debu, Harga Terjangkau

Sony Xperia M2 Aqua: Tahan Air, Tahan Debu, Harga Terjangkau

Sony Xperia M2 Aqua
Sony Xperia M2 Aqua

 

Sony adalah salah satu penyedia perangkat teknologi yang getol menelurkan smartphone. Baru-baru ini, perusahaan asal Jepang tersebut telah menghadirkan smartphone seri Xperia terbarunya, yakni Xperia M2 Aqua. Mengusung label Aqua, suksesor Xperia M2 ini hadir dengan kemampuan tahan air berkat sertifikasi IP65/68 yang tertanam di dalamnya.

Dengan sertifikasi yang dimilikinya, smartphone ini diklaim oleh Sony dapat terendam di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Oleh sebab itu, tak perlu risau jika Xperia M2 Aqua ini oleh Anda diajak aktivitas berenang atau terguyur air hujan saat digunakan di tengah perjalanan.

Tak berbeda dengan seri pendahulunya, Xperia M2 Aqua juga memiliki dukungan layar 4,8 inci yang ditenagai dengan prosesor quad core Snapdragon 400 1,2 GHz (MSM8926-2, Cortex-A7). Tak hanya itu, smartphone ini juga masih menggunakan GPU Adreno 305 dan kapasitas baterai Li-Ion non removable 2300 mAh.

Berbekal sistem operasi Android 4.4.2 KitKat, Xperia M2 Aqua telah dilengkapi dengan kamera utama 8 MP (3264 x 2448 piksel) plus LED flash light serta kemampuan merekam video berkekuatan Full HD 1080p. Selain itu, kamera utama ini juga telah dibekali dengan teknologi sensor Exmor RS, HDR serta SteadyShot.

Sedang kamera depan, Sony hanya menyematkan sensor 0,3 MP (VGA – 640 x 480 piksel) tanpa ada dukungan LED flash light. Dengan dukungan seperti itu, pengguna tak bisa berharap banyak memanfaatkan Xperia M2 Aqua secara optimal untuk foto selfie bersama teman-teman.

Harus diakui, desain Xperia M2 Aqua terlihat berkelas dan enak digenggam. Saat dimasukkan ke dalam saku celana juga tak masalah. Pasalnya, smartphone ini memiliki dimensi yang kompak, yakni 140 x 72 x 8,6 mm dengan berat hanya sekitar 149 gram.

Bermuatan material plastik tidak murahan, Xperia M2 Aqua tetap mempertahankan struktur khas seperti di beberapa smartphone buatan Sony lainnya yang mengadopsi konsep seri Xperia terbaru. Tiap sudut body-nya dirancang dengan sentuhan agak membulat ditambah karakter lekukan yang sangat khas yang disebut Sony dengan OmniBalance.

Sony juga telah mengadopsi desain unibody. Untuk itulah, Anda tak bisa melepas pasang baterai yang digunakan. Sedangkan untuk menempatkan Sim Card dan microSD, Sony telah menyiapkannya dalam bentuk slot yang diletakkan di masing-masing sisi body-nya.

Karena memiliki kemampuan tahan air dan debu, seluruh slot dan port yang ada di body Xperia M2 Aqua tertutup dengan katup yang sangat rapat. Untuk membukanya, Anda perlu sedikit mencungkil lewat celah yang ada di masing-masing katup penutup.

Tak hanya slot wadah untuk menempatkan Sim Card dan microSD, Sony juga menutup port microUSB yang bisa Anda temukan di sisi kiri dan port Jack Audio 3,5 mm yang letaknya di sisi bagian atas. Untuk slot Sim Card dan microSD, Sony meletakkannya berdampingan di sisi sebelah kanan. Xperia M2 Aqua mengusung pemanfaatan single Sim Card.

Berdekatan dengan slot Sim Card, Sony juga menempatkan tombol khusus yang bertuliskan “OFF”. Fungsi tombol tersebut adalah untuk mereset smartphone ini jika sewaktu-waktu bermasalah atau hang. Masih di sisi bagian kanan, Anda juga bisa menemukan tombol Power dengan ciri khas Sony, tombol Volume serta tombol Shutter untuk kebutuhan memotret.

Sumber: Chip