Home > METRO BERITA > SOPD Baru, 4.482 Staf Pemkot Masih Harus Ditata

SOPD Baru, 4.482 Staf Pemkot Masih Harus Ditata

METROSEMARANG.COM – Penempatan sebanyak 4.482 staf non guru di lingkungan Pemkot Semarang masih ditata. Penataan ini terkait dengan adanya Susunan Organisasi Perangkatan Daerah (SOPD) baru yang akan berlaku mulai tahun 2017.

Bambang Sukono
Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Semarang, Bambang Sukono mengatakan, beberapa SOPD ada yang digabung bahkan dihilangkan. Sehingga stafnya perlu ditata lagi. Sedangkan dinas yang tidak berubah stafnya mungkin masih tetap.

”Kami akan mengumpulkan SKPD untuk mengusulkan nama-nama stafnya yang akan ditata. Kami berikan jumlahnya tapi penempatannya sesuai usulan mereka,” kata Sukono, Kamis (15/12).

Dia memastikan penempatan staf sesuai kompetensi dan keahliannya. Penataan staf ini harus selesai sebelum akhir Desember. Semua jabatan nantinya harus sudah terisi. Karena awal 2017 atau Januari OPD baru harus sudah berjalan.

”Untuk pengisian jabatan yang dilakukan lelang hanya eselon dua yang masih kosong. Akan siseleksi secara terbuka. Dengan SOPD baru eselon dua bertambah satu jadi 40,” kata Sukono.

Sedangkan untuk sarana infrastruktur atau kantor dengan SOPD baru ini sudah siap. Misalnya Dinas Perindustrian dan Pedagangan yang dipecah menjadi dua. Dinas Perdagangan akan berkantor di Dinas Pasar saat ini. Karena Dinas Pasar dihilangkan dan masuk bagian Dinas Perdagangan. Dinas Perindustrian tetap di Gedung Pandanaran. (duh)