Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Sterobac, Terobosan Baru Pencuci Luka

Sterobac, Terobosan Baru Pencuci Luka

METROSEMARANG.COM – Kesadaran akan pentingnya kesehatan di masyarakat makin meningkat. Begitu pula bagi para praktisi kesehatan yang makin gencar meningkatkan kualitas pelayanan. Hal inilah yang mendasari Sterindo Medika menggelar seminar “A Wound Care Journey”, Sabtu (27/8) di Ruang Borobudur lantai satu Hotel Santika Premiere Semarang.

Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Dihadiri kurang lebih 170 peserta dari praktisi kesehatan mulai dari perawat hingga dokter, seminar ini membahas mengenai bagaimana perawatan luka. Ricca, Key Account Manager Sterindo Medica menuturkan, selama ini perawatan luka yang dikenal adalah dengan prinsip 3M, yaitu mencuci, membuang jaringan mati, menutup luka.

“Nah dari tiga tahap itu, kita fokus ke tahap pertama yaitu mencuci atau pembersihan, karena tahap itu adalah tahap awal,” jelas Ricca.

Ia menambahkan, pembersihan luka yang dilakukan baik di rumah sakit ataupun Puskesmas kebanyakan menggunakan cairan NaCl. Padahal saat ini sudah ditemukan terobosan baru yaitu pemberian luka dengan PHMB (Poly Hexamethylene Biguanide Hydro Chloride).

“PHMP ini sudah teruji mampu mengurangi nyeri saat pergantian perban, mengurangi bau atau odor, serta tidak menghambat proses re-epitelisasi,” imbuhnya.

Menurut dia, produk pembersih luka yang ada di pasaran merupakan produk buatan Jerman dengan kadar PHMB hanya 0,1 persen. Oleh karena itu, Sterindo Medica meluncurkan Sterobac Wound Cleanser. Sterobac merupakan cairan berbahan dasar air dengan kandungan PHMB sebagai antiseptic sebesar 0,3 persen dan Coco Amido Phropyl Betaine.

“Sterobac ini cairan untuk membersihkan atau mencuci luka, kandungan PHMB ini mampu juga untuk perawatan pada kritical koloni bakteri atu infeksi,” imbuh Ricca.

Keunggulan lain dari Sterobac kata Ricca yaitu bahwa produk ini merupakan produksi asli Indonesia. Juga merupakan produk pembersih luka pertama yang dibuat di Indonesia. Harga dari Sterobac sangat terjangkau yaitu mulai Rp 30 ribu. Sejak launching April lalu, Sterobac telah digunakan oleh praktisi perawat luka di berbagai daerah di Indonesia termasuk Semarang.

Daru Uji Hidayat, seorang praktisi perawat luka menuturkan, kandungan PHMB dalam Sterobac cukup ampuh untuk perawatan luka. Ia yang membuka klinik home care di Arjowinangun Grobogan ini mengaku cukup puas dengan produk Sterobac.

“Pasien luka penderita diabetes yang saya tangani menunjukkan perubahan positif dari jari keliling kakinya yang luka. Setelah enan kali perawatan akhirnya lukanya mengering,” ujarnya. (vit)