Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Stok Bek Menipis, PSIS Siapkan Skema Alternatif

Stok Bek Menipis, PSIS Siapkan Skema Alternatif

METROSEMARANG.COM – Pelatih PSIS Eko Riyadi kini mulai memertimbangkan formasi baru untuk mengantisipasi menipisnya stok pemain belakang. Skema tiga bek juga menjadi salah satu opsi yang disiapkan jelang bentrok kontra Persibat Batang.

Mahesa Jenar dipastikan tak bisa menampilkan fullback Fajar Bagus Bintoro saat melawat ke Stadion Moh Sarengat, Minggu (7/8) mendatang dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) B Grup 4. Eks penggawa PSAD Banjarnegara itu diganjar kartu merah di laga terakhir melawan PSIM Yogyakarta.

Hari Nur Yulianto dkk bakal disiapkan menggunakan formasi baru sebelum tandang ke kandang Persibat Batang. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Hari Nur Yulianto dkk bakal disiapkan menggunakan formasi baru sebelum tandang ke kandang Persibat Batang. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Absennya Fajar menimbulkan lubang di sisi kiri pertahanan PSIS. Saat ini hanya tersisa Andreantono Ariza yang punya spesialisasi sebagai wingback kiri, sedangkan Topas Pamungkas sudah dilepas. Di sisi kanan, Safrudin Tahar juga tidak punya pelapis.

Dengan menyisakan dua fullback, Eko juga tak menutup kemungkinan untuk mengubah skema baku 4-2-3-1 menjadi pertahanan tiga bek sejajar. Namun, dia menegaskan jika perubahan tersebut tak akan dipaksakan.

“Bisa saja kami menggunakan tiga bek dengan formasi 3-4-3 atau 3-5-2. Prioritas utama tetap 4-2-3-1 karena Aan (Anhar Latif) juga bisa dimainkan di posisi bek sayap. Kami masih ada waktu sampai Jumat untuk mematangkan tim.,” kata Eko, Selasa (2/8).

Formasi tiga bek sejajar juga bukan pilihan ideal bagi eks pembesut Persitema Temanggung. Saat ini hanya tersedia empat bek tengah di dalam skuat, yakni Tegar Pribadi, Ahmad Mahruz Bahtiar, Anhar Latif dan Fauzan Fajri. Nama terakhir bahkan sama sekali belum pernah dimainkan di pertandingan resmi.

Eko pun harus menyiapkan pemain yang bakal diberi tugas mengawal area kiri Mahesa Jenar dalam formasi 3-4-3 atau 3-5-2. Bisa jadi pelatih 48 tahun itu akan memberi peran tersebut kepada Jordan Foranda atau Dani Raharjanto, jika Andreantono dianggap masih angin-anginan.

Di pos penyerangan, Eko sepertinya tak terlalu cemas dengan stok pemain yang tersedia. Duet Johan Yoga dan Hari Nur bisa menjadi opsi utama, dengan tambahan Dani Raharjanto atau Feri Ariawan untuk membentuk tridente.

“Kami akan mencoba beberapa alternatif dalam latihan. Tentunya, kami juga harus memantau kondisi terakhir dari para pemain,” tegasnya.

Selama dua hari ke depan, armada Eko Riyadi terpaksa harus angkat kaki dari Stadion Jatidiri yang digunakan untuk event panahan. Mulai hari ini sampai Rabu (3/8) besok, Johan Yoga dkk bakal berlatih di Lapangan Banteng Raider Srondol. (twy)