Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Subuh Jamaah Awali Orientasi Kampus Mahasiswa Baru Unnes

Subuh Jamaah Awali Orientasi Kampus Mahasiswa Baru Unnes

METROSEMARANG.COM – Sekitar tujuh ribu mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjalankan salat subuh berjamaah di Lapangan Prof Dumadi, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Kampus Unnes Sekaran, Sabtu (19/8) pagi.

Gerakan Unnes Subuh Jamaah, Sabtu (19/8) pagi. Foto: istimewa

Kegiatan yang dikemas dengan nama Gerakan Unnes Subuh Jamaah (GUSJ) itu merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Program Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (PPAK) Unnes. GUSJ menjadi sejarah baru sepanjang kampus keguruan negeri di Semarang itu berdiri.

“Hadir membersamai kegiatan ini para Dekan, Kabiro, guru besar dan staf ahli dalam momen yang sepanjang sejarah baru ada pertama kali. Semenjak masih berstatus IKIP sampai kini menjadi Universitas,” ungkap Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman MHum.

Rektor kelahiran Banyumas yang didaulat menjadi penceramah GUSJ itu juga mengungkapkan rasa bahagia dan harunya. “Baru kali ini saya mendapat tugas yang sangat berat, berbicara di depan ribuan mahasiswa di subuh berjamaah ini,” tandasnya.

Fathur berharap inovasi gerakan salat subuh berjamaah ini dapat terus dilakukan untuk membentuk prestasi dan karakter mulia mahasiswa. Menurutnya prestasi dan karakter harus dibangun beriringan.

“Prestasi dan karakter ibarat dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan, harus sama sama dibangun,” kata Fathur.

Profesor lulusan program doktoral Universitas Gajah Mada (UGM) itu juga berharap Unnes bisa menjadi lingkungan yang sejuk, religius dan kondusif sebagai tempat menimba ilmu. “Kami semua berharap Unnes semakin sejuk dan religius serta kondusif agar mahasiswa semakin baik ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Agung Budi Santoso mengatakan kegiatan ini diadakan untuk merevolusi mental dan membentuk karakter mahasiswa baru. “Kami harapkan ada perbaikan dalam karakter mahasiswa baru dan merevolusi mental hingga menjadi stok-stok pembangunan bangsa,” ungkapnya.

Gerakan Unnes salat subuh berjamaah ini merupakan pembukaan dari serangkaian agenda Orientasi Mahasiswa Baru yang diselenggarakan pada 19 Agustus di tingkat Universitas dan 21-22 Agustus di tingkat fakultas. (*)