Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Sudah Makan Terlalu Banyak tapi Masih lapar? Ini Penyebabnya

Sudah Makan Terlalu Banyak tapi Masih lapar? Ini Penyebabnya

original food

ANDA pernah merasakan lapar yang begitu hebat, sekalipun baru saja makan. Penyebab utamanya mungkin karena kelelahan, entah kelelahan karena travelling, berpesta, atau lelah karena stres. Namun kelelahan juga bisa terjadi karena tubuh kita terjaga sepanjang malam lantaran harus mengerjakan pekerjaan, sehingga tubuh pun meminta nutrisi lebih.

Kelelahan akan memicu rasa lapar karena tubuh menggunakan makanan, terutama karbohidrat, sebagai sumber energi. Jadi, makanlah makanan bergizi dengan nutrisi seimbang, sejam setelah bangun tidur. Jangan melewatkan karbohidrat dalam menu makan Anda, namun juga jangan memakannya terlalu banyak.

Rasa lapar mungkin juga disebabkan sistem pencernaan yang menolak mencerna makanan yang Anda konsumsi sebelumnya. Jika Anda buang air kecil maupun buang air besar lebih sering dari biasanya, lalu tubuh Anda terasa kekurangan nutrisi dan ingin terus makan, cobalah meminum air putih lebih banyak dari biasanya dan konsumsi makanan yang banyak mengandung air maupun potasium, seperti air kelapa, alpukat dan kentang.

Namun, jika rasa lapar itu berada pada kepala Anda, terutama jika Anda terlalu banyak mengonsumsi gula ataupun lemak, cobalah meminum secangkir moka hangat. Tetaplah makan, namun pilihlah menu yang sehat dan bergizi. Setelah itu beristirahat yang cukup, atau berekreasilah. Cara ini cukup ampuh untuk mengembalikan sinkronisasi tubuh dan otak, agar mengirimkan sinyal lapar sesuai kebutuhan. (ren)