Home > METRO BERITA > Sudah Seminggu SD Trimulyo 01 Terendam Rob Setinggi Lutut

Sudah Seminggu SD Trimulyo 01 Terendam Rob Setinggi Lutut

METROSEMARANG.COM – Kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Trimulyo 1, Kecamatan Genuk cukup memprihatinkan. Pasalnya, akses jalan menuju sekolah dikepung rob setinggi lutut orang dewasa. Aktivitas guru dan murid praktis terganggu lantaran rob juga menggenangi halaman depan dan belakang sekolah.

Genangan rob di SD Negeri Trimulyo 01. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Yuliana, guru SDN Trimulyo 1, mengakui sekolahnya memang langganan rob. Bahkan, sebelum mendapatkan bantuan peninggian bangunan sekolah, rob sampai masuk kelas.

Menurutnya datangnya rob tidak dapat diprediksi. Bahkan kata dia, tidak hujan pun tetap tergenang rob. Sementara ada kegiatan yang harus dilakukan di lapangan.

“Kita nggak bisa prediksi, tidak hujan juga tetap ada rob, ini sudah seminggu belum juga surut,” beber Yuliana, Kamis (5/1).

Sebenarnya ada dua sekolah lain yang turut tergenang rob yakni SDN Trimulyo 2 dan TK Pertiwi. Namun genangan di area SDN Trimulyo 1 dengan kedalaman mencapai kurang lebih 50 sentimeter adalah yang paling parah.

Menurut Sri Basuki, warga setempat, rob di wilayah Trimulyo sudah semakin parah. Selain abrasi dan gelombang air laut yang semakin tinggi, rob juga diperparah dengan peninggian Jalan Raya Kaligawe.

”Sejak satu tahun ini semakin parah, hampir setiap hari akses jalan terendam rob yang cukup tinggi dan menyulitkan warga untuk beraktivitas,” keluhnya.

Suharsono, warga lainnya membenarkan, rob sudah merendam kawasan tersebut sejak seminggu lebih dan tidak kunjung surut. Akses warga pun menjadi terganggu, bahkan motor mereka sering mogok karena kemasukan air.

”Jalanan juga rusak, banyak warga yang jatuh karena jalan berlubang. Pemerintah harus mencari solusi kalau jalan ditinggikan, justru warga yang kena dampaknya,” ketusnya. (vit)