Sungai Kendal Meluap, Delapan Kelurahan Terendam Banjir

METROSEMARANG.COM – Hujan yang terjadi dua hari berturut-turut mengakibatkan Sungai Kendal Jawa Tengah meluap. Sedikitnya delapan kelurahan terendam banjir.

Foto: metrojateng.com

Luapan sungai menggenangi jalan dan perkampungan warga di sepanjang bantaran sungai. Setidaknya delapan kelurahan terdampak banjir yang terjadi akibat debit Sungai Kendal yang terus meninggi.

Delapan kelurahan yang terdampak yakni Trompo, Sijeruk, Langenharjo, Kebondalem, Pegulon, Patukangan, Pekauman dan Ngilir kecamatan Kota Kendal. Ketinggian air di perkampungan warga mencapai 50 centimeter dan masuk ke dalam rumah. Banjir ini sudah menjadi langganan sehingga warga tidak terlalu khawatir.

Menurut warga air mulai masuk ke pemukiman dan rumah warga Kamis (21/12) pagi. Sebelumnya dua hari wilayah Kendal diguyur hujan, sehingga debit air bertambah dan meluap. Mustagfirin warga Gang Jujur Kelurahan Pekauman kendal mengatakan, sejak November lalu setidaknya sudah empat kali banjir melanda kampunya.

“Air mulai masuk habis subuh dan terus meninggi. Kalau Desember ini yang pertama sedangkan November lalu sudah tiga kali,” katanya.

Meski ketinggian air mencapai 50 centimeter namun warga tetap bertahan di rumah dan membendung rumah dengan karung ataupun kayu agar air tidak masuk kedalam rumah. Karena sudah menjadi langganan warga tidak mengungsi dan tetap beraktivitas meski terganggu.

Banjir akibat luapan sungai Kendal ini biasanya akan surut jika bendungan Trompo debit airnya surut. BPBD Kendal masih mendata jumlah kerugian akibat banjir dan terus memantau wilayah selatan Kendal. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.