Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Sungai Kendal Meluap, Tujuh Kelurahan Terendam Banjir

Sungai Kendal Meluap, Tujuh Kelurahan Terendam Banjir

METROSEMARANG.COM – Luapan Sungai Kendal menggenangi tujuh kelurahan di wilayah setempat. Banjir terjadi setelah hujan mengguyur sejak Rabu (25/1) malam dan menggenangi puluhan rumah sepanjang aliran sungai hingga kompleks kantor bupati.

Foto: metrojateng.com

Air luapan Sungai Kendal mulai masuk ke permukiman warga, sejak Kamis (26/1) dinihari. Sejumlah santri di Pondok Pesantren Al Hidayah Kota Kendal ini terpaksa mengamankan barang di tempat yang lebih tinggi. Air masuk hingga kamar santri dan menganggu aktivitas belajar para santri.

Pengurus Ponpes, Latifah mengatakan ketinggian air yang masuk ke kamar santri mencapai 30 centimeter. “Setiap hujan lebat dan Sungai Kendal meluap pondok  ini selalu kebanjiran. Namun kali ini air cukup tinggi hingga masuk ke kamar santri, biasanya hanya menggenangi halaman pondok saja,” kata Latifah, pengurus pondok.

Foto: metrojateng.com

Selain menggenangi pondok pesantren, puluhan rumah di tujuh kelurahan juga terendam banjir dengan ketinggian 30-70 centimeter. Menurut warga, sungai Kendal meluap jika hujan diwilayah selatan cukup deras.

“Debit air yang banyak ini tidak mampu ditampung sungai hingga akhirnya meluap menggenangi permukiman warga. Ini sudah yang ketiga kali tahun ini,” ujar Suwardi Wahid.

Selain menggenangi pemukiman, luapan Sungai Kendal juga merendam kantor bupati. Akibatnya pegawai negeri sipil yang hendak masuk kantor terganggu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo yang dihubungi mengatakan, setidaknya luapan Sungai Kendal ini menggenangi tujuh kelurahan. “Tujuh kelurahan yang terendam yakni Pekauman, Pegulon, Kebondalem, Ngilir, Patukangan, Balok dan Kalibuntu,” jelasnya. (metrojateng.com/MJ-01)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link