Home > METRO BERITA > Surat Keputusan Pengganti Blangko Dijamin Berlaku

Surat Keputusan Pengganti Blangko Dijamin Berlaku

rekamdata
Dispendukcapil memberi garansi SK pengganti blangko bisa digunakan untuk mengurus KTP. Foto: metrosemarang.com/dok

SEMARANG – Blangko e-KTP saat ini sedang kosong sehingga warga yang hendak memperpanjang masa berlaku KTP-nya, untuk sementara hanya mendapat Surat Keterangan. Surat Keterangan tersebut dapat berfungsi dan diterima sebagai pengganti KTP elektronik.

“Warga tidak perlu khawatir keabsahan surat Keterangan tersebut karena fungsinya menggantikan KTP atau seperti KTP sementara,” terang Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Mardiyanto, Rabu (5/8).

Dia menambahakan, produksi blangko e-KTP secara nasional sedang mengalami kekosongan. Dengan demikian, kondisi ini tidak hanya terjadi di Kota Semarang namun juga daerah lain.

“Dikarenakan blangko KTP-el pada saat ini sedang kosong/tidak ada, maka kepada penduduk yang mengajukan permohonan pembuatan/pencetakan KTP-el diberikan Surat Keterangan dan dilampiri Biodata penduduk sesuai surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor  474.13/5148/Sj tanggal 13 Desember 2012 yang berfungsi sebagai Kartu Tanda Penduduk Elektronik sampai dengan yang bersangkutan menerima KTP Elektronik,” papar Mardiyanto. (ade)