Home > METRO BERITA > Sutrisno Suharto Terima Penghargaan Legiun Veteran di Atas Kursi Roda

Sutrisno Suharto Terima Penghargaan Legiun Veteran di Atas Kursi Roda

METROSEMARANG.COM – Peringatan Hari Veteran Nasional di Museum Mandala Bhakti Semarang pada hari ini, Rabu (10/8), berlangsung semarak. Meski kebanyakan peserta yang hadir dari ratusan tentara yang telah purnatugas, namun suasana keakraban tampak terjalin erat di antara mereka.

Sutrisno Suharto (berkursi roda) dan Wali Kota Hendrar Prihadi. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Sutrisno Suharto (berkursi roda) dan Wali Kota Hendrar Prihadi. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Mantan Wali Kota Semarang Sutrisno Suharto pun tak mau melewatkan momentum tersebut. Walaupun harus dibantu dengan kursi roda, tapi bekas penguasa Kota Semarang itu tampak tegar meski tubuhnya tak sekuat pada masa lalu.

Ia lebih banyak duduk di kursi roda tatkala lencana penghargaan Bintang Legiun Veteran dikalungkan di lehernya. “Penghargaan itu kita berikan kepada beliau karena dianggap sangat konsen memajukan komunitas LVRI sekaligus berperan aktif membangun budaya Semarang yang sangat bagus di masa kepemimpinannya,” aku MA Munadjat, Ketua Daerah Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jawa Tengah, usai pemberian penghargaan Bintang Legiun Veteran.

Tak hanya itu saja, kata Munadjat, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atau Hendi juga diberi penghargaan serupa atas usulan di tingkat bawah (grassroot).

Hendi, menurutnya telah banyak membantu para serdadu tua khususnya membangun kompleks tanah makam khusus veteran. Pun demikian yang diterima Kol Arris Syamsul sebagai Kababinkamimcabam di Kodam IV Diponegoro yang mampu mengayomi serta membuat keamanan kota menjadi terjamin.

Ia berharap kepada pemerintah agar memberdayakan para legiun veteran dalam membangun kota menjadi maju dan mandiri. “Karena kita masih punya nilai-nilai budaya yang kuat sehingga bisa menjaga identitas bangsa agar tidak hilang. Boleh kita modern dan maju tapi tidak bisa terlepas dari pejuang masa lalu. Gunakan semangat itu sebgai pendorong pembangunan,” ujarnya lagi.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berjanji akan mengover semua legiun veteran dengan kartu Semarang Sehat dan Jamkesmaskot. “Jadi, bila ada yang sakit dapat kemudahan berobat ke dokter,” katanya.

Ia menekankan kepada tiap perusahaan supaya meniru langkahnya. Mereka juga harus peduli kepada kesehatan masyarakat. (far)