Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Sweeping AW Resto, Pentolan JAT Karanganyar Ikut Digiring ke Polda Jateng

Sweeping AW Resto, Pentolan JAT Karanganyar Ikut Digiring ke Polda Jateng

METROSEMARANG.COM – Ketua Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Karanganyar, Jawa Tengah bernama Basuki, termasuk di antara 11 orang yang ditangkap Tim Jatanras dan Kamneg Diterskrimum Polda Jateng. Basuki diduga menjadi dalang di balik aksi sweeping dan pengeroyokan terhadap pemilik AW Resto yang juga anggota DPRD Karangayar, Agustina Wawan Mulyadi.

11 pelaku sweeping AW Resto digiring ke Mapolda Jateng, Selasa (3/1). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

Aksi brutal pelaku bersama 10 rekannya terjadi 19 Desember 2016 lalu. Mereka yakni Joko, Paryanto, Sholeh, Agus, Thebos, Fadli, Sunardi, Dedi, Yuniaryo dan Sugiyarto. Saat itu, tanpa penyebab yang jelas, para pelaku datang dan langsung mengeroyok korban.

“Korban mengalami luka robek di bagian mulut. 11 orang kami tetapkan tersangka dan sudah kami tangkap,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Djarod Padakova, Selasa (3/1).

Dikatakan Djarod, hingga saat ini para pelaku masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik. Polisi masih mencari tahu motif utama pengeroyokan tersebut.

Sementara, Kasubdit 3 Jatanras dan Kamneg Ditreskrimum Polda Jateng, AKBP Nanang Haryono mengatakan para pelaku ditangkap di tempat persembunyiannya masing-masing. Sejauh ini pihaknya juga masih mendalami kasus tersebut guna mencari tahu keterlibatan pelaku lain.

Selain itu, bersama para pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti berupa kendaraan yang digunakan pelaku, pemukul serta penutup muka.

“Satu orang mencoba melarikan diri ke Yogyakarta tapi berhasil kami cegah. Kasus ini masih kami kembangkan,” tandas Nanang. (yas)