Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Syaiful Amar Siap Comeback Lawan Dampo Awang

Syaiful Amar Siap Comeback Lawan Dampo Awang

METROSEMARANG.COM – Pertandingan PSIS melawan PSIR Rembang, Sabtu (20/8) besok, bisa jadi bakal menandai comeback kiper Syaiful Amar setelah sekian lama menepi karena cedera. Namun, mantan kapten Persik Kendal itu harus bersaing dengan Barep Wahyudi untuk menyegel satu tempat di bawah mistar Mahesa Jenar.

Syaiful Amar dan Barep Wahyudi bersaing memerebutkan satu tempat di starting XI PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Syaiful Amar dan Barep Wahyudi bersaing memerebutkan satu tempat di starting XI PSIS. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Bergabung di tahun 2015 silam, Syaiful langsung sukses mencuri perhatian jajaran pelatih PSIS. Padahal, saat itu dia juga harus bersaing dengan Ega Rizky yang baru direkrut dari PSCS Cilacap dan kiper muda Fajar Setya Jaya.

Portiere yang genap berusia 25 tahun pada 6 Agustus tersebut dinilai bisa menjadi pengganti sepadan setelah kiper utama PSIS Catur Adi Nugroho terkena sanksi. Namun, jelang bergulirnya Indonesia Soccer Championship (ISC) B, nasib sial justru dialami Amar.  Cedera lutut membuat dirinya nyaris terdepak dari skuat PSIS.

Amar tercatat hanya sekali tampil di masa pra-musim saat timnya takluk tiga gol tanpa balas di kandang PSS Sleman. Performa gemilang yang diperlihatkan Fajar Setya Jaya dan rekrutan anyar Barep Wahyudi membuatnya semakin tenggelam.

Dari delapan laga yang sudah dilakoni PSIS, pemain yang intim disapa Cumi ini belum sekalipun mencatatkan caps penampilan. Posisi kiper utama menjadi milik Fajar yang sudah tampil sebanyak enam kali, sedangkan Barep dua kali mengawal gawang PSIS.

Peluang Amar untuk melakoni debut musim ini cukup terbuka saat timnya menjamu PSIR Rembang. Selain kondisinya yang semakin membaik, Fajar Setya yang menjadi salah satu pesaingnya dipastikan absen karena masih disibukkan dengan urusan pendidikan. Praktis, persaingan memerebutkan posisi benteng terakhir menjadi milik Amar dan Barep.

“Peluangnya fifty-fifty. Kondisi fisik Amar sudah tidak ada masalah. Barep juga tampil cukup memuaskan di Batang. Keduanya akan kami pantau sebelum memutuskan siapa yang akan turun lawan Rembang,” kata pelatih kiper Rosiyadi, Jumat (19/8).

Bagi Cumi, dirinya bakal sabar menunggu diberi kepercayaan tampil sebagai starter. Dia cukup siap jika tenaganya sewaktu-waktu dibutuhkan. “Saya hanya berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin. Soal siapa yang dipilih, itu wewenang pelatih. Yang jelas, saya siap kalau diberi kesempatan main,” tegasnya.

Sejauh ini PSIS menjadi salah satu tim dengan pertahanan terbaik di antara kontestan ISC B dan baru kebobolan empat gol dari delapan laga. Kinerja barisan benteng Mahesa Jenar bakal mendapat ujian penyerang Dampo Awang yang sukses menjaringkan sembilan gol dalam lima pertandingan terakhir. (twy)