Home > METRO BERITA > Tahun Ini 130 Saluran akan Dinormalisasi

Tahun Ini 130 Saluran akan Dinormalisasi

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 130 sungai dan saluran akan dinormalisasi oleh Pemkot Semarang melalui Dinas Pekerjaan Umum pada tahun ini. Beberapa di antaranya sudah berjalan dan lainnya masih dilelangkan.

Pengerukan Kali Semarang, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

Kabid Pengelolaan Sumber Daya Alama (PSDA) Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Kumbino mengatakan, pengerjaan normalisasi di antaranya berupa pengerukan sedimen, pembersihan sampah, dan perbaikan talut. Normalisasi ini untuk mencegah genangan yang dapat terjadi saat hujan deras.

”Perbaikan dan pembersihan saluran tersebut dilakukan agar air mengalir lancar. Mencegah genangan yang terjadi saat hujan deras, terutama di tengah kota. Beberapa waktu lalu, beberapa daerah di tengah kota terendam saat hujan deras,” katanya, Senin (17/4).

Beberapa saluran yang akan diperbaiki, ia menyebutkan di antaranya di Muktiharjo Kidul, perbaikan talut Kali Banger, pembersihan sungai di sekitar Jalan Untung Suropati, Kali Semarang Indah. Kemudian juga Kali Semarang dari Jembatan Kali Baru hingga Boom Lama.

Selain tiu, ada juga pengerjaan perbaikan saluran di Tlogosari Kulon, pembersihan saluran di Bubakan Kota Lama, saluran Kampung Kali dan Pleburan. ”Seluruh pengerjaan dilakukan tahun ini, dan saat ini beberapa di antaranya sudah berjalan,” katanya.

Pengerjaan perbaikan tersebut, beberapa di antaranya menggunakan alokasi anggaran perawatan. Tahun ini pihaknya mengalokasikan Rp 1,9 miliar untuk perawatan drainase. Dimana dana tersebut digunakan untuk upah tenaga yang dibayarkan setiap pekan.

”Apabila dibagi 12 bulan, maka dana perawatan perbulan sekitar Rp 158 juta. Tapi belum termasuk pengadaan material,” katanya. (duh)