Home > METRO BERITA > Tahun Depan PDAM Ambil Air dari Waduk Jatibarang

Tahun Depan PDAM Ambil Air dari Waduk Jatibarang

METROSEMARANG.COM – PDAM Tirta Moedal Kota Semarang berencana melakukan penambahan beberapa saluran dan pembuatan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) baru. Menurut Direktur PDAM Tirta Moedal, Etty Laksmiwati, dalam waktu dekat, pembangunan IPA dilakukan di Jatisari dengan kapasitas 200 liter per detik.

Waduk Jatibarang akan menjadi salah satu sumber air PDAM Tirta Moedal mulai tahun depan. Foto: metrosemarang.com/dok
Waduk Jatibarang akan menjadi salah satu sumber air PDAM Tirta Moedal mulai tahun depan. Foto: metrosemarang.com/dok

“Untuk tahun depan, juga akan membangun IPA Waduk Jatibarang untuk meningkatkan pelayanan ke berbagai daerah seperti Gunung Pati, Semarang Barat dan sekitarnya. Diharapkan, IPA Waduk Jatibarang sudah bisa beroperasi pada 2018 mendatang,” kata dia, Senin (31/10).

Saat ini, hutang PDAM senilai Rp 492 miliar oleh Pemerintah Pusat sudah lunas. Oleh karena itu, PDAM Tirta Moedal yang kini melayani sekitar 163.500 pelanggan dengan tagihan Rp 16 miliar per bulan tersebut dituntut memberikan dividen kepada Pemerintah Kota Semarang sebesar Rp 7,7 miliar per tahun.

“Kami optimis mampu memenuhi target dividen dari Pemkot Semarang. Sebab, setelah hutang lunas, finansial perusahaan semakin membaik,” pungkasnya. (ade)