Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Tahun Ini Unnes Tambah Prodi dan Kuota Mahasiswa Baru

Tahun Ini Unnes Tambah Prodi dan Kuota Mahasiswa Baru

METROSEMARANG.COM – Kuota mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada tahun ajaran 2017/2018 mencapai 6.788 mahasiswa. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 6.285 mahasiswa.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Prof. Rustono, Wakil Rektor Bidang Akademik, menuturkan penambahan kuota tersebut juga dibarengi penambahan dua program studi (prodi) baru. Kedua prodi itu yakni Ilmu Gizi dan Teknik Elektro.

Sementara untuk kuota terbanyak masih tetap menjadi milik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). “Masih FBS yang paling banyak, 1.202 sedangkan paling sedikit di Fakultas Ilmu Sosial, ada 740,” ungkapnya, Senin (23/1), di Rektorat kampus setempat.

Total kuota tersebut diharapkan dapat terpenuhi melalui tiga jalur pendaftaran yang dibuka Unnes. Jalur pertama yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 30 persen, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 40 persen dan Seleksi Mandiri Unnes (Smunnes) (kuota 30 persen).

“Persentase itu sesuai peraturan pemerintah, namun SBMPTN Unnes punya kebijakan sendiri sehingga kuotanya jadi 40 persen,” imbuhnya.

Menurutnya kuota untuk SBMPTN sebenarnya hanya 30 persen saja. Namun dengan pertimbangan, kualitas mahasiswa yang masuk melalui jalur SMBPTN jauh lebih baik dari jalur lain.

Hal ini kata dia, karena para calon mahasiswa akan diseleksi melalui tes. Sementara tes akan dilakukan dengan sistem UBK ujian berbasis komputer.

Lebih jauh, Prof. Rustono menegaskan jika tahun ini sistem pendaftaran masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni secara online melalui pengisian pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Namun, menurutnya tahun ini sistem tersebut telah diperbaiki dengan panitia dari pusat.

“Sudah diperbaiki dengan kelebihan, nanti kalau ada kesalahan akan ada tanda merah dan tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya,” imbuhnya.

Selain itu, kepala sekolah juga harus bertanggung jawab atas data yang diisikan. Dengan kelebihan pada sistem ini, ia berharap kejadian tahun lalu di mana SMAN 3 Semarang gagal meloloskan siswanya dalam SNMPTN tidak akan terulang lagi.

Pendaftaran Unnes akan dibuka pada 1 Februari mendatang. Ia juga menambahkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa Unnes tetap dan tidak meningkat. (vit)