Home > METRO BERITA > Taipan Media hingga Budayawan bakal Bahas Nasionalisme Tionghoa di Semarang

Taipan Media hingga Budayawan bakal Bahas Nasionalisme Tionghoa di Semarang

METROSEMARANG.COM – Kota Semarang bakal punya hajatan besar yang mempertemukan tokoh-tokoh Thionghoa yang berpengaruh di negeri ini. Ketua Forum Nasional Tionghoa Jawa Tengah, Dewi Susilo Budiharjo, mengatakan akan ada banyak pebisnis hingga taipan nasional yang hadir dalam acara tersebut.

Dewi Susilo Budiharjo Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Dewi Susilo Budiharjo
Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Acaranya, akan dibalut dalam sebuah seminar yang membahas jiwa nasionalisme warga Tionghoa di tanah air. Rencananya, kegiatan ini akan digelar di Gedung Teater Liem Liang Peng, yang berada di kompleks Sekolah Nasional Karangturi, Semarang, Sabtu, (27/8).

“Karena bagi suku Tionghoa, kegiatan berkebangsaan kan cukup jarang ya. Panitia, asumsi saya ingin menumbuhkan rasa nasionalisme di generasi muda Tionghoa,” kata Dewi.

Tokoh Tionghoa yang hadir nanti dipastikan menarik minat publik. Sebab, panitia memastikan menghadirkan Anton Medan mewakili Muslim Tionghoa, Soleh Dahlan, Bos Daffam Group, Harjanto Halim budayawan Tionghoa serta
taipan media MNC Group, Hary Tanoesoedibjo.

Dewi bilang taipan Hary Tanoe bahkan jadi salah satu narasumber dalam seminar tersebut. Ketua Perindo itu akan berbicara seputar nasionalisme Tionghoa untuk Indonesia.

“Sepertinya (bakal) hadir. Namun, kepastiannya belum tahu. Karena kami sama-sama sebagai narasumber,” kata perempuan Tionghoa paling berpengaruh di Ibukota Jateng itu.

Dewi sendiri juga bakal berbicara panjang lebar soal peran perempuan Tionghoa di Indonesia. “Saya akan bicara tentang kiprah perempuan Tionghoa bagi bangsa ini,” tegasnya. (far)