Home > METRO BERITA > “Tak Ada Alasan Malu Punya Anak Autis”

“Tak Ada Alasan Malu Punya Anak Autis”

METROSEMARANG.COM – Dalam rangka memperingati Bulan Peduli Autisme Internasional, Komunitas Sahabat Difabel menggelar Fun Walk bersama puluhan anak autis dari Masjid Baiturrahman sampai depan Kantor Balai Pelatihan Kesehatan (Bappekes), Jalan Pahlawan Kota Semarang. Acara dilaksanakan bersamaan dengan Car Free Day di lokasi tersebut dan dimeriahkan beberapa penampilan dari anak autis.

Fun Walk bersama anak autis di Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (24/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Fun Walk bersama anak autis di Jalan Pahlawan Semarang, Minggu (24/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut founder Komunitas Sahabat Difabel, Novi Dibyantari, kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat mengenai apa itu autisme. Dengan demikian, masyarakat akan tahu perlakuan apa yang seharusnya dilakukan jika di sekitar masyarakat ada anak autis.

“Kebanyakan anak autis adalah bahan bullying di lingkungannya karena berbeda dengan yang lain. Ini perlu dihindari karena mereka sebenarnya bisa dibina untuk dimunculkan potensinya jika ditangani secara benar,” ungkapnya, Minggu (24/4).

Novi juga memberikan kesadaran kepada orangtua yang memiliki anak autis untuk tidak berusaha menyembunyikam anaknya. Dia meminta para orangtua untuk segera menangani anaknya yang diindikasikan autis.

Dalam kegiatan ini, para penampil yang merupakan perwakilan dari anak-anak autis dari berbagai sekolah menunjukkan kebolehannya. Selain itu mereka menampilkan beberapa karya seni dan memasak.

“Kita bisa lihat, di sini mereka juga punya potensi yang luar biasa. Jadi tidak ada alasan bagi orangtua untuk malu jika memiliki anak autis,” pungkasnya. (ade)