Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Tak Akan Ada Lagi Ponsel Bernama Nokia

Tak Akan Ada Lagi Ponsel Bernama Nokia

image
Nokia 3310

Era kejayaan ponsel Nokia benar-benar telah berakhir. Setelah terpuruk dan sahamnya dibeli oleh Microsoft, Nokia tak kunjung bangkit. Dan kabar mengejutkan datang baru-baru ini, setelah pihak Microsoft memutuskan untuk tak lagi menggunakan brand Nokia pada smartphone Lumia generasi termuda. Brand Microsoft-lah yang akan berada di depan kata Lumia berikutnya. 

Penghapusan nama Nokia ini berbarengan dengan penggunaan kata Windows saja untuk penyebutan sistem operasi ponsel besutan Microsoft. Tak akan ada lagi sistem operasi Windows Phone.

Sebagaimana dikutip dari The Verge, penghilangan nama brand Nokia akan dimulai di Perancis, yang merupakan negara pertama peluncuran smartphone Microsoft Lumia.

Meski demikian, perusahaan Nokia masih belum berhenti beroperasi. Perusahaan yang berpusat di Finlandia ini hanya menjual divisi handset smartphone saja ke Microsoft. Saat ini, perusahaan Nokia masih hidup dengan beroperasi pada pembuatan peta dan jaringan.

Sementara itu, CEO Nokia, Rajeev Suri, berniat mempertahankan dan menciptakan kembali smartphone dengan brand Nokia. Menurut Rajeev, sebagaimana dikutip di Intisari, brand Nokia adalah aset yang sangat berharga karena telah dikenal banyak orang di industri ponsel dan perangkat mobile. 

Hanya saja, rencana ini tak bisa direalisasikan dalam waktu dekat karena kepemilikan divisi handset yang berada di tangan Microsoft. Sembari menunggu waktu untuk kembali bertarung di arena smartphone, Nokia baru-baru ini meluncurkan aplikasi peta Here Maps untuk semua smartphone ber-OS Android dan Z Launcher yang dapat mengendalikan smartphone ber-OS open source milik Google itu. (ren)