Home > METRO BERITA > Tak Dipinjemi Motor, Koh Yosi Nekat Mencuri

Tak Dipinjemi Motor, Koh Yosi Nekat Mencuri

Tersangka Lauw Kong Nam (foto: yas/Metro)
Tersangka Lauw Kong Nam (foto: yas/Metro)

SEMARANG – Berdalih tidak mempunyai biaya untuk pulang ke Jakarta, Lauw Kong Nam (50), warga asli Jakarta, terpaksa dibekuk jajaran Polsek Gayamsari Semarang, karena nekad membobol rumah temannya, di Pandean Lamper, pada Minggu (5/10) lalu.

Aksi nekat yang dilakukan tersangka berawal saat pria yang berprofesi sebagai tukang kaca tersebut membutuhkan uang untuk pergi ke Jakarta. Saat itu dia melihat rumah milik salah seorang temannya sedang dalam keadaan sepi. Tanpa pikir panjang ia langsung masuk ke dalam rumah dan membawa kabur motor yang ada di dalam rumah.

“Saya membobol pintu rumah teman memakai obeng. Dan saat itu, saya lihat ada motor miliknya,” ungkap pria yang akrab disapa Yosi itu saat dibawa ke Mapolsek Gayamsari, Senin (13/10).

Tidak hanya itu, pria keturunan Thionghoa ini juga nekad mengambil emas seberat 6 gram untuk kemudian dijual ke sebuah toko emas di daerah Kranggan. Ia mengaku  melakukannya lantaran kepepet tak punya biaya untuk pergi ke Jakarta. “Saya juga bawa perhiasan emas yang saya jual ke pedagang emas di Kranggan Rp 700 ribu,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Polisi Djihartono  mengatakan, usai mendapat laporan pencurian, jajarannya langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka. “Ia sempat berdalih dengan alasan meminjam. Barang bukti motor sudah kami dapat, sedangkan keberadaan emas 6 gram  masih dalam tahap pengembangan,” tuturnya saat gelar perkara Senin (13/10) siang.

Kemudian tersangka diringkus dalam pelariannya di daerah Jepara. Atas ulahnya, ia terancam Pasal 363 KUHP dan 362 KUHP tentang perusakan dan pembobolan rumah. Barang bukti berupa satu unit motor  Jupiter Z  bernopol H 2885 WS berhasil diamankan dari tangan tersangka. (Yas)